MenDulang Gram Emas

Emas menjadi bahan komoditas yang konon sudah dikenalkan sejak jaman Nabi Syits , sehingga sekarang masih menjadi benda yang mulia nan mahal harganya. Namun semakin teknologi maju , banyak digunakan sebagai bagian dalam pembuatan alat alat modern. Hal ini  membuat semakin banyak orang mencari emas dan salah satunya mendulang gram emas.  Mendulang sudah dilakukan sejak turun temurun dari nenek moyang dalam mencari sebutir emas hanyut yang terbawa arus sungai, dan terjebak didalam sedimen pasir di tepi sungai atau di dataran lipahan banjir.

Dengan merlihat bagaiamana emas itu dapat terjebak di dalam lapisan endapan pasir sungai , maka tentu tidak dapat diukur secara akuran seberapa jumlah butir emas yang tersangkut dan mengendap disitu, di satu titik lokasi. Hal ini karena material yang datang tertransportasi tidak dapat diukur secara tepat akurasinya.


Maka sebegitu susahnya untuk mendapatkan satu gram saja, sehingga harus mendulang berjam jam berendam di dalam air sungai. Mungkin perjuangan hari itu tidak berhasil, tetapi dapat ditutup dengan hari berikutnya. insya Allah.

Terbukti masih saja banyak yang mencari dan mengharapkan bahwa usahanya akan berhasil. Berikut sebuah video tentang seorang bapak sedang mencari se gram emas dengan mendulang di satu lokasi tepian sungai. Dengan harapan mendapatkan emas yang telah terjebak mengendap disitu . Insya Allah jaman dahulu ada sungai banjir yang membawa emas dan mengendap disitu.

Berikut kutipan pembicaraan saya dengan salah seorang pendulang emas di sungai. Yang sudah sejak muda melakukan kegiatan ini di dekat rumahnya di tepi bukit kapur. Sekarang kira kira bapak itu usiannya 50tahun , maka sudah hampir 30 tahun mendulang.

Anehnya selalu saja mendapat inspirasi ide untuk mendulang dimana, dan ada saja dapatnya, meski emas halus 400 mlgram atau pernah mencapai pendapatan 7 gram satu hari mendulang.

Bagi bapak yang akrab dipanggil pak Nik ini menggantungkan hidupnya dari pada mendulang emas, kemana saja mendapat inspirasi dan informasi cepat cepat dia pergi mendulang.

Hitung saja kalau biaya makan rokok dan bensin motornya sekitar IDR 75000, maka kalau mendapat 1 gram saja sudah lumayan , katanya. 

Begitulah sangat sederhana prinsip hidupnya. Namun bapak yang ternyata hidup sendirian ini senang saja melakukan kegiatannya, karena baginya dia tidak merusak alam sekitar, dan sendiri saja dia melakukan, tanpa beramai ramai sehingga merusah alam.

Dia bahkan menunjukkan kepada saya bahwa , kalau mau mencari emas ibunya ada di hulu sono, sekitar satu kilometer di bukit kecil batuannya keras. Mungkin ini yang dimaksud adalah emas Hard rock Gold.

Sebenarnya apa yang dilakukan pak Nik adalah sesuai prosedur dan memang tidak melakukan merusak alam sekitar, karena modalnya hanya sekop dan dulang berukuran 40Cm . Feeling dan ketekunannya dalam mengerjakan profesinya itulah yang memberikan makna  Berkah baginya dari Allah swt.

Sebab banyak yang lain sudah semangat pergi mendulang ketempat sama, namun tidak mendapatkan hasil , melainkan rugi waktu , rugi modal saja. Itulah emas, dicari lari, ditinggal memanggil. Karena sesungguhnya ini adalah logam mulia, hanya karena Allah dapat menjadi berada ditanganmu. 

Tonton Video Yang Ini : Nik Panning

Perhatikan cara cara mendulang, kalau tidak tahu semua lalu keluar percuma dan lepas isinya. 

 

Merusak Lingkungan

Dalam prakteknya di suatu lokasi perpotensi, akan menjadi semakin ramai orang ikutan mendulang, dan mungkin akan mempergunakan alat dan peralatan berlebih. Bukan lagi alat manual berupa cangkul, skop, dulang itu saja, melainkan juga mempergunakan alat berat seperti Excavator.

Hal kedua itulah yang menjadikan ketidak stabilan alam sekitar. Dengan jumlah aktifitas yang ramai membuat ketidak seimbangan alam sekitar dan membawa dampak , meski bagi pendulang mendapatkan hasil untuk kehidupan dengan alasan untuk makan.

Namun dampak selalu ada ketika alam dilakukan exploitasi skala kecil maupun skala besar. Antara lain dampak itu adalah:

  • Terganggunya keseimbangan kehidupan tumbuhan disekitar lokasi
  • Erosi dan perusakan lahan membuat alam terganggu
  • Kekeruhan air sungai menjadi semakin keruh dan kotor
  • Sosial terdapak dengan kehidupan sesaat disekitar lokasi kegiatan mencari emas
  • Tiada objek pajak bagi pemerintah terkait aktifitas penggalian bahan tambang
  • Terganggunya kehidupan lain, sekitar lokasi mencari emas, seperti misalnya kehidupan air, sosial masyarakat secara psikologis
Dengan demikian sangat lah perlu dipahami bahwa kegiatan yang dilakukan selalu membawa dampak, maka juga harus memahami dampak tersebut untuk melakukan hal yang terbaik.
 
Cara manual mungkin lebih ramah , dari pada dengan mesin mesin besar untuk aktifitas alluvial, mendulang.
 
Pompa dan vakum akan menstimulasi dampak kalau tidak terkontrol dengan baik.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "MenDulang Gram Emas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel