Zamrud Khatulistiwa Indonesia

Emas Alluvial
Kata kata Zamrud Khatulistiwa sudah lama tidak terngiang ditelinga saya, dulu masih disekolah dasar sering sekali melalui puisi atau kata kata mutiara dari pak guru yang akrab dengan kami murid di sekolah tersebut. Zamrud Khatulistiwa adalah sebutan untuk Indonesia yang letaknya secara geografis berada di garis Khatulistiwa.

Bukan itu saja dalam makna yang lebih luas adalah kekayaan alam Indonesia yang begitu banyak bagaikan batu zamrud yang terhampar di seluruh wilayah 33 propinsi , dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari beribu buah pulau yaitu 17 491 pulau, dan sekian jumlah suku bahasa disebut 714 suku dan 1001 bahasa.

Belum cukup itu saja , makamkekayaan alamnya yang membanggakan bersama penyebarannya yang menyeluruh wilayah di hampir setiap propinsi   kecuali DKI semua mempunyai sumber daya alam yang memberikan nilai ekonomi. Sumber daya alam tersebut termasuk minyak bumi, batubara, gas alam, panas bumi, mineral emas, perak, tembaga, besi, nikel, bouxite, timah, galena, mangaan, dan lainnya sampai bahan galian pasir bangunan, batu kapur, batu fondasi, batu kali.

Apakah lagi yang hendak kita mau? 

semua hampir ada di Zamrud Khatulistiwa negri yang makmur gemah ripah lohjinawi. Semoga menjadi toto titi tentrem kerto raharjo....ini yang sering disebut dalam cerita lama dulu kakek saya bercerita diwaktu sore.

Sudahkah disadari bahwa semua pengetahuan tentang Zamrud Khatulistiwa seisinya ini ada dalam sebahagian besar anak muda di seluruh Nusantara, melalui sosial mediakah, melalui pendidikan sekolahnya kah atau melalui siaran layar kaca atau melalui radio udara. Harap harap semakin banyak anak anak muda dan seluruh penduduknya dapat memahami akan makna Zamrud dan Khatulistiwa sebagai sebutan untuk negri tercinta Nusantara Indonesia ini.

Sumber daya emas

Tambang emas bawah Tanah
Tambang emas sudah banyak tersebar diseluruh wilayah 33 propinsi dan mereka telah membuahkan hasil produksinya masing masing. Tentu sudah ada wujud yang didistribusikan kepada yang punya wilayah sebagai trubute nya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara terkontrol dan diawasi melalui sitem yang baik akan membawa majunya daerah tersebut.

Tambang merupakan industri yang "Multiplyer Effect" semua terlibat dalam kegiatan industri ini, banyak profesi dan disiplin ilmu. Oleh itu maka industri ini tidak bisa disama ratakan dengan usaha usaha lain , apalagi usaha kecil menengah semacam kedai nasi atau warung kopi. Dalam hal manegementnya, inilah yang menjadikan industri tambang diperlukan satu hal profesionalitas dan ada undang undang nya tersendiri.

Sumber minyak bumi dan gas alam

Tambang minyak bumi
Bukan saja emas dan mineral pengikutnya, melainkan minyak dan gas bumi yang terdapat di Zamrud Khatulistiwa merupakan kekayaan sumberdaya alam yang diwnugerahkan kepada Indonesia.

Banyak wilayah dengan sumber daya minyak bumi yang besar berada di Zamrud Khatulistiwa. Sebut Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan , Papua Barat, Natuna  dan masih ada lagi yang sumber minyak bumi di wilayah laut.

Batubara dan gambut

Kalimantan siapa yang tidak kenal dengan sumber alam batubara dan gambutnya. Ini merupakan kekayaan alam yang tersedia secara alami anugerah Sang Pencipta Alam Semesta ini.

Bahkan Sering kejadian kebarakan hutan dikarenakan batu bara atau gambut ini. Hal ini sekaligus menunjukkan betapa banyak macam sumber daya alam tersebar diseluruh wilayah Zamrud Khatulistiwa.

 

Mineral Tembaga dan Nikel

Sumber daya alam mineral ekonomi seperti besi, nikel dan tembaga menjadikan berwarnanya kekayaan Zamrud Khatulistiwa. Semua tersebar diseluruh wilayah, siapa yang tidak kenal Freeport, Newmont dengan tambang tembaga terbesarnya. Itu menunjukkan kekayaan wilayah Papua dan Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya sumb er daya alam Nikel di Sulawesi yang sudah sejak jaman penjajahan Belanda di kelola dan telah menghasilkan ber t on tonproduksi dibawa keluar negri.


Tambang Besi dan Mangaan

Selebihnya tambang besi di Pegunungan Verbeek Sulawesi Tengah, Lampung di Gn Tegak, P Sebuku, Pantai Cilacap JawaTengah dll

Tambang Mangaan di NTT, Pulau Doi di Maluku Utara merupakan pulau dengan 60% ditutup oleh mineral mangaan ini.

Hampir disetiap pulau di NTT ada titik yang mengandung mineral mangaan meskipun tidak besar tetapi penyebarannya hampir di banyak lokasi.


Bahan Galian C

Tambang bahan galian C semacam pasir bangaunan batu fondasi, batu split dan batu kapur banyak dijumpai di setiap propinsi.

Tambang galian C ini dikelola secara lokal saja melalui Kabupaten, Kecamatan masing masing daerah. dan penyebarannya pun hampir merata disetiap daerah ada batu kapur dan pasir dan batu kali.

Kecuali Kalimantan agak sulit mendapatkan pasir dan batu fondasi.

Hutan Kayu Dan Tanaman Herbal

Bukan hanya sumber daya alam di dalam bumi, akan tetapi juga sumber alam dipermukaan bumi. Hutan kayu dan tanaman herbal sangat melimpah didalam hutan belantara di Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Papua Barat dan di Jawa , Maluku dan pulau pulau kecil lainnya.

Hal ini memberikan rasa tenang nyaman tinggal di negeri penuh sumber daya alam ini. 

Maka hendak nya selalu bersyukur atas anugerah dari Sang Pencipta Alam Semesta se isinya Allah ta ala.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel