Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Pisang Tanduk

Yang lalu "Kulit Pisang" untuk pupuk tanaman, sekarang pisang nya, ada kah bermanfaat , apa saja yang dapat didapat dari makan pisang. Ternyata manfaat pisang bagi kesehatan sangatlah besar, demikian menurut hasil penelitian dari pakar kesehatan dari Amerika.

Apa yang terkandung di dalam buah pisang, semua bermanfaat bagi kebutuhan tubuh, antara lain : 

  • Kalori - energi
  • Karbohidrat - kebutuhan tubuh
  • Potasium  -  untuk ketahanan tubuh
  • Magnesium  - membantu ketahanan tubuh
  • Vitamin A dan C - kesehatan mata dan tubuh.
  • Serat - membantu pencernaan
  • Besi - membantu ketahanan tubuh

Oleh sebab itu begitu manfaatnya kandungan di dalam pisang, maka tak heran kalau pisang menjadi makanan yang nyata enak dan juga mudah dicernak oleh usus, langsung menjadi kalori dan ada juga serat untuk pencernaan. So itulah maka kalau orang sedang sakit umumnya disuruh makan pisang atau juga olah raga makan pisang untuk memudahkan pencernaan. Ibu hamil pun dianjurkan makan pisang, bahkan setelah kelahiran bayinya makan pisang juga.

Ada banyak jenis pisang di Indonesia yang beredar di pasar, antara lain : 

  • Yang Enak langsung dimakan : pisang ambon,  pisang barangan, pisang emas,  pisang sunpride, pisang gapi, pisang Cavendish,pisang uli,
    , pisang Genderuwo, pisang gapi.
  • Yang enak digoreng / direbus: pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja,  pisang merah, pisang seribu, pisang batu, pisang geraha dari Manado. 

Makanan Bayi

Pisang Ambon bagus untuk anak bayi, karena teksturnya lembut dan mudah dikupas, lembut isinya dapat disuapkan bagi anak bayi.

Demikian juga mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh, untuk itu dapat diberikan pada bayi. Tentu pisang yang jenis pisang Ambon misalnya. Sebab ada pisang yang kadar Vit C nya tinggi.

Seingat saya selalunya bayi disuapi dengan pisang bayi , yang adalah pisang ambon.

Makanan Diet "Ngrowot"

Konon bagi yang menjalankan diet , atau puasa "ngrowot" hanya makan buah pisang setiap hari, konon itu membawa barokah. Yang pastinya masih dapat bertahan hidup selagi cuma makan buah pisang, artinya dari pisang ada cukup protein dan energi untuk tubuh manusia.

Di jaman dahulu, banyak orang melakukan puasa makan pisang saja, dengan alasan untuk diet, untuk mendapatkan berkah dan sebagainya.

Bagi yang mengurangi makan nasi, pisang dicampur dengan madu dan susu, untuk makanan pagi dan sore, saja dan ternyata banyak yang berhasil mempertahankan berat badannya.

Makanan Penutup

Kalau menurut istilah jawa, pisang disebut "gedang" maksudnya di "geget lebar madang" yaitu kalau sesudah makan pokok baru makan pisang, sebagai makanan penutup.

Banyak olahan dari bahan pisang, umumnya pisang kepok, pisang raja, pisang geraha, pisang tanduk, pisang seribu. Termasuk olahan pisang adalah keripik pisang, selai pisang, pisang manis, Banana Cake .

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Manfaat Pisang Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel