Durianku Belum Berbuah


Sekilas ngobrol di warung kopi secara pirtual bersama teman lama, saya diberi ilmu tentang membuahkan pokok Durian. Secara kebetulan teman saya itu lulusan bidang pertanian , so tahulah sedikit banyak tentang cara mengolah tanaman menjadi berbuah. Bagi saya Durianku belum berbuah itu karena saya belum tahu cara menanam yang sebaik baiknya merawat pokok durian. Nah sekarang ada yang memberikan info baik, apa salahnya di simak dan  dicobakan.

Secara kebetulan dirumah sedang ada tanaman durian di belakang rumah, pas lah, untuk informasi yang terbaik. Konon dasar sekitar pokok durian harus bersih seluas lingkaran daun dan rantingnya. Wah kalau pokok besar luas juga ya. Alhasil luasan di pokok durian dirumas saya hanya semeter saja. Lah masih kecil , baru sekitar 3 tahun saja. Walau begitu ingin rasanya memiliki buah durian hasil tanaman sendiri.

Saran dari pakar secara kebetulan saya catat berikut ini, mungkin ada manfaatnya:

  1. Buatlah bersih dasar tanah sekitar pokok durian , yang berguna untuk pernapasan tanah , memberi ruang dalam pemupukan, memberi kesempatan akar berkembang meluas kearah sisi samping kriri kanan batang. Kalau kebetulan ini durian kaki tiga, kalau begitu harus agar ketiga pokok pangkal batang yang berbeda jenis itu semua dapat berkembang mencari makanan seluas luasnya. Sehingga pertumbuhannya dapat lebih subur dan cepat berbunga. Ruang dasar pokok ini sebagai ruang tempat arena menyerap makanan dari apa yang diberikan melalui siraman air pupuk atau sekedar menempatkan pupuk di delapan penjuru lobang. Meski ini cara lama, yang sekarang banyak sudah pupuk cair yang bagus bagus. Contoh Grow More.
  2. Melakukan prunning atas ranting dan dahan dari cabangan yang tidak membawa manfaat besar. Artinya ranting ketiga yang berada di kerimbunan pohom tanaman durian. Agar berkurang penyebaran makanan dan akan terfokus untuk membuat bunga. Kedua dengan memangkas ranting tak berguna, akan memberi manfaat sinar matahari dapat tembus ke bagian bawah rimbunan daun, sehingga secara merata akan mendapat stimulasi sinar matahari untuk fotosintese. Dengan begitu sirkulasi rantai makanan akan lebih berkurang dan akan terasa berlebih, dan ini akan memberi kesempatan untuk membuat bunga.
  3. Berikan pupuk terbaik yang banyak mengandung unsur phospor. Contoh dari POC banyak dipasaran, atau kalau saya mencoba pupuk bakaran sampah, kulit udang, kulit pisang, kulit labu madu, dan kulit singkong, serta kulit telur. Semua dibakar sama dengan bakaran sampah, ingat jangan ada plastik ikut terbakar, Bekas bakaran sampah ini disiram air dengan dinginkan sampai beberapa hari dan baru boleh dijadikan tanah pupuk. Kalau harus melakukan pemupukan dengan pupuk butiran ya pilihlah yang banyak mengandung P dari phospat .

Kira tiga hal ini sempat saya catat dari informasi pakar teman lama dulu, dan semoga dapat diambil manfaatnya dari tulisan ini.

Kalau baik datang dari Allah, yang kurang itu saya mohon maaaf, saya sendiri kurangnya.

Juga Tonton Video : Durian Saya Belum Berbuah

Durian Kaki Tiga

Saya menanam durian dengan kaki tiga, maknai sebagai bagian bawah terdiri tiga jenis pokok durian yang di atasnya disatukan, dan baru tumbuh satu batang atas saja.

Bagian bawah yang terdiri dari durian Musang King, Durian Jakarta, dan Durian Jawa Durian Petruk. Semoa dari ketiganya memberikan berkah hasil nanti . Insya Allah.

Alasan membuat tiga kaki dari berbagai jenis tersebut diharapkan sehat kuat tahan penyakit seperti durian Jakarta, dan mempunyai rasa buah semacam Musang King serta legit rasa buahnya seperti durian Petruk.

Maka dari itu sungguh ditunggu tunggu buahnya.

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Durianku Belum Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel