Berkebun Di Rumah

Berkebun di Rumah
Bunga Rose

Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang tidak memerlukan ketrampilan khusus, akan tetapi disana ada perlunya pengetahuan khusus yang harus dipahami untuk suatu keberhasilan dari apa yang ditanam di kebun tersebut. Oleh sebab itu Berkebun Di Rumah, mengapa tidak. Kalau kamu banyak waktu luang dirumah alangkah baiknya dipergunakan untuk berkebun, selain kegiatan mengerjakan kerjaan kantor, atau sedang tidak belajar, atau sedang ada waktu luang.

Dengan situasi COVID 19 sekarang ini, notabene  banyak waktu dirumah oleh sebab itu saya m
anfaatkan untuk berkebun dengan tanaman yang dipergunakan di dapur setiap hari, seperti Jahe, Kunyit, Sayur PakCoy, Daun Pepaya, Kemangi, Seledri, daun bawang. Selain juga menanam tanaman bunga Philodendrum dan Kuping Gajah.

Apa saja Tips Berkebun di rumah , berikut yang saya lakukan:

  • Melakukan kegiatan berkebun selagi Pagi Matahari mulai terang sampai sebelum tengah hari. Biasanya orang rumah selalu mengingatkan kalau sudah cukup siang , untuk segera mandi dan waktu Dhuha. Mengapa masih pagi sudah beraktifitas di kebun, hal ini memberikan rasa aktif dalam diri saya dan menjadi pengganti olah raga pagi, setiap hari , pun juga saya melakukan sedikit "air walking" di belakang sebelum memulai berkebun. Untuk menjaga gerak jiwa dan raga sehari hari selain hanya duduk dan diam saja menonton TV atau sekedar duduk termenung, mengingat masa kerja.
Janda Bolong , contoh booming

  • Sebagai orang yang sudah pensiun dari pekerjaan rutin di kantoran, maka sangatlah bagus dengan adanya kegiatan rutin berkebun di rumah. Meski hanya memindah pot dari tanaman kecil ke yang lebih besar, sehingga akan memakan pikiran dan kerja otak akan berjalan terlatih terus dan menjadi pengisi jiwa raga. Apa yang kamu kerjakan dikebun menjadi sebuah pemikiran terus, perkembangannya, dikontrol setiap hari, ini memberikan rasa kebanggaan kepuasan tersendiri, inilah tanaman ku sudah tumbuh, sudah berbunga, sudah berbuah. dan selanjutnya apa yang harus direncanakan lagi.
  • Begitu terus berulang, hari demi hari setiap hari, maka akan mengganti aktifitas yang dulu dikerjakan dikantor. Cuma beda objek pekerjaan. Namun keterlatihan pikir dan rasa tetaplah sama. Cobalah pandang dan perhatikan setelah tanaman mulai berbunga atau berbuah. Rasanya bagaimana?
  • Secara kebersamaan dalam kluarga memberikan rasa bersatu, beraktifitas, selagi berada banyak waktu di rumah. Apa lagi yang dapat dilakukan  selain berolah raga bersama, sedang berkebun bersama boleh dilakukan di rumah di halaman saja. Tanpa harus berpakaian yang resmi atau dengan pakaian rapi sekalipun. Cukup dengan short dan T shirt sudah dapat kamu beraktifitas di rumah sendiri. Yang utama adalah memberikan rasa dan gerak kepada tubuh dan pikiran, untuk menjaga asa kehidupan.
 
  • Beraktifitas positip adalah berkebun di rumah, dari pada hanya duduk duduk , apa lagi hanya tidur tiduran sambil menonton TV, main game atau main kartu , apa saja , maka berkebun menurut saya lebih nyaman dilakukan. Mungkin karena bagi saya senang sehingga dilakukan pun menjadi senanng.
 
  • Selain pengganti olah gerak kerja di kantor, maka dengan beraktifitas di belakang rumah bagi saya memberikan hasil yang positip, dengan begitu ada lah sayuran atau rempah keperluan dapur selagi tidak dapat pergi ke pasar. Hal ini kalau berkebun sayuran, dan kebutuhan dapur.
 
  • Pastikan bahwa dalam berkebun selalu menjaga kebersihan, dari tangan, kaki dan rasa gatal badan selagi beraktifitas maupun sesudahnya. Gunakan kelengkapan yang betul untuk menjaga hal yang tidak diinginkan.
 

Sekarang Sadar Berkebun Di Rumah Banyak Manfaatnya

Dulu masih aktif bekerja di kantoran, tidak terlalu menghiraukan macam mana itu tanaman atau bagaimana bunga dan buahnya. terserah saja, hidup atau mati, bahkan hanya seorang di rumah saja yang selalu mengurusnya.
 
Dalam situasi yang terbaru ini berbeda jauh. Bahkan pokok tanaman sekecil dengan dua lembar daun Kuping Gajah saja sangat diperhatikan. ditengok tiap jam, di siram segera kalau layu.
 
Dulu kemana  ya, tiba tiba sekarang menjadi sangat berantusias berkebun. Tetapi semua mungkin hanya sesaat semusim saja berlalu. Namun kalau saya untuk bercocok tanam adalah sesuatu yang membawa amal baik, maka terus peliharalah. Sekaligus melestarikan lingkungan dengan tanaman hijau.
 
Kalau mengutip , apa yang tersurat dalam buku agama, bahkan dengan kegiatan menanam sesuatu yang hidup bahkan sekaligus membawamu mendapatkan pahala dan menjadi amalan bagus. Insya Allah.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Berkebun Di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel