Savana Doro Ncanga VS Gunung Tambora

GunungTambora sangat terkenal diseluruh dunia, karena letusannya yang super eruptive tahun 10 April 1815 sehingga 11 April, dengan sisa getaran sampai denga 17 April 1815. Tercatat dalam skala letusan 7 VEI standar . Lantas apa hubungannya dengan padang rumput Savana Doro Ncanga?
 
Savana Doro Ncanga, Bukit Batuan Beku

Berjarak hanya sekitar 18 Km dari pusat kawah Gn. Tambora. Lokasi wisata padang rumput Doro Ncanga menjadi ideal untuk di jadikan objek wisata paket dengan sekali pendakian Gunung Tambora. Akan sangat menarik dengan adanya plakat atau pamflet selembar dua lembar , yang memuat tentang sejarah peristiwa tahun 1815 meletusnya Super Eruptif  Mont Tambora.

Savana padang rumput yang ada merupakan bukti kejadian dahsyat masa lalu di bumi Nusatenggara yang mencekam , bahkan terdampak sampai ke seluruh dunia. Dari pada Blow up abu dan asap nya sehingga membuat perubahan musim dan dampak terhadap tanaman , dan ujungnya perekonomian di Eropa dan Asia Barat.

Sedang apa yang terlihat sekarang sebagai padang rumput adalah sebagian bukti adanya lahar s=endapan pasir dan kerakal bercampur dengan boulder jatuahn piroklastik hasil erupsi pada waktu dulu. 

Sementara bukit kecil di ujung sana di tepian pantai itu merupapaka satuan batuan beku yang bisa jadi menjadi anak anak pengaliran magmatis ke arah samping , mengingat retakan sekitar puncak sangat besar kemungkinan terjadi. Sehingga benda panas dan cecair itu mencari rekahan batuan di bawah permukaan yang mampu memberikan jalan dia mengalir. Inilah yang dinamakan mencari keseimbangan menuju EQUILIBRIUM.

Satu tanda penyebaran satuan batuan pasir yang kadang terlihat berstruktur sedimen, menunjukkan bahwa ada suatu masa sedimen material hasil erupsi di transportasi oleh media air (mungkin air hujan) dan di endapkan disekitar situ situ juga. Oleh sebab itu terjadi penampang di dinding pasir berupa lapisan lapisan yang menunjukkan jejak berarus kuat.

Banyakj kerakal dan boulder pumice (batu apung) di sepanjang savana Doro Ncanga adalah sebagai bukti bahwa proses erupsi sangat kuat sehingga mampu melemparkan material berbutir sangat halus bersama campuran gas sampai sejauh 20 Km bahkan lebih. Inilah di lokasi padang rumput luas yang banyak lepasan kuda, sapi dan kambing serta kerbau.

Ada banyak kejadian yang menjadi satu paket peristiwa sejarah kelam tentang Gunung Tambora ini sebaiknya dapat menjadikan satu kemasan Pariwisata Daerah yang sangat menjanjikan turisme secara lebih intensif.

Bahwa wisata alam merupakan hal yang perlu dilestarikan dan untuk lebih diperbaiki di mana mana sudut yang dapat meningkatkan pengunjung.

  1. Banyak sisi dari lokasi ini yang dapat di naik tarafkan:
  2. Sanitasi keberadaan Air Bersih di sekitar Savana Doro Ncanga
  3. Sarana Masjid yang Megah dan bersih untuk menjadikan Ikon positip
  4. Mental masyarakat sebagai penerima tamu juga wajib di tingkatkan
  5. Menambah daya tarik dari segi Food dan Beverage
  6. Menambah daya tarik dari segi menjual budaya adat istiadat yang baik
  7. Transportasi lebih ditingkatkan
  8. Keramahan penduduk dipertahankan bahkan lebih baik lagi
  9. Publikasi yang profesional

Selain itu banyak hal dari urusan perut yang dapat dijual di dalam paket wisata alam disini, antara lain makanan khas dari daerah ini:

  • Kopi Tambora : Kopi Jahe, Kopi Susu, Kopi Hitam, Kopi Creamy
  • Jagung Manis  : Roti Jagung, Jagung Bakar Manis, Jagung Goreng, Bakwan
  • Kacang Mede Asli : Kacang Mede Goreng Kering, Roti isi Kacang Mede
  • Susu Kuda : Kemasan asli susu kuda, Campuran Susu Kuda
  • Madu Alam Liar : Nusa Nature Honey
  • Susu Kambing : Susu Kambing asli, campur
  • Ayam khas : Makanan khas Doro Peti
  • dsb
  • Soal Akomodasi , Hotel banyak di sana, agen perjalanan juga ada, guide tour ada. Rekomendasi saya dulu menginap di HOTEL TURSINA di Dompu.
  • Kiranya kalau semua dipersiapkan secara serius dan profesional akan mantap menjalaninya dan insya Allah , daerah ini menjadi maju dan terkenal di bdang wisata alamnya. amin 

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Savana Doro Ncanga VS Gunung Tambora"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel