Padang Rumput Doro Ncanga

Doro Ncanga, Dompu, West Nusa Tenggara


Sebuah lokasi sangat menarik perhatian saya atas pemandangan luas padang rumput dengan berlatar belakang bukit kecil dan tampak banyak ekor Sapi dan Kuda sedang mencari makan disitu. Ini bukan sekedar luasan lapangan sepak bola, melainkan sepanjang perjalanan saya sekitar 25Km di tengah jalan Lintas Calabai-Pekat. Pemandangan padang rumput seluas ini di Indonesia menjadi surprise dan jarang dijumpai, kali itu saya melintas dalam perjalanan menuju wilayah perkebunan kopi di kaki Gunung Tambora.

Bersama teman seperjalanan berkomentar, WOOOOW.

Ada yang " Subhanalloh "

Ada yang "gile bagus bingit"

Ada yang " yuuk stop dulu foto "

Sebagai bagian dari rombongan perjalanan itu saya mencatat apa apa yang patut direkam untuk suatu saat menulis di dalam Blog. Benar adanya sekarang saya ingat untuk menuangkan lokasi terindah di wilayah NTB berupa padang rumput, dan inilah Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Point of interest ketertarikan saya adalah pada :

  • Sepanjang sudut mata memandang semua rumput hijau yang terbentang dengan latar belakang perbukitan kecil bergelombang rendah di balik pantai Teluk Saleh.
  • Sekelompok hewan sedang mencari makan rumput , yang adalah Kuda, Sapi dan Kerbau serta Kambing.
  • Fenomena roman muka morfologi ini teringat akan kejadian berhubungan dengan aktifitas Gunung Tambora.
  • Batuan Penyusun morfologi dataran rumput Doro Ncanga tersusun oleh hamparan material volkanik , diperkirakan hasil letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 lalu. Di bagian Bukit berupa batuan Beku andesitik yang sangat keras dan bukit ini mencakup area seluas sepersepuluh area padang rumput. Boulder , pebble dan kerakal batuan Pumice berserak disepajang padang rumput. Sangat mungkin berasal dari hasil letusan Gunung Tambora yang bercampur gas.
  • Sore hari dan pagi hari memberikan suasana area foto dan selfi yang tersendiri, dengan alam sekitar dan latar belakang padang rumput hijau.
  • Kaki Gunung Tambora +2851m.(Zollinger). 
Selanjutnya akan lebih menarik saya menuliskan tentang kira kira kejadian alam sehingga terbentuknya dataran rumput padang savana Doro Ncanga. Mungkin dapat saling bertukar manfaat. Insya Allah.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Padang Rumput Doro Ncanga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel