Bersepeda Untuk Anak Anak

Bagi anak anak bersepeda mungkin suatu yang sangat berat, akan tetapi kalau sudah mencoba dan berhasil bisa naik sepeda, maka dia tidak akan mau istirahat. Bersepeda untuk anak anak sangat baik, dampak sangat sedikit, dan bahkan lebih banyak baiknya untuk kesehatannya. Anak anak akan menjadi bergembira ketika dapaty bermain sepedanya, apalagi bersama teman temannya.

Secara kejiwaan hal ini akan membuat dirinya mandiri, dapat melakukan olah gerak dari kakinya sendiri dan konsentrasi di stang sepedanya, dan hal ini memberikan daya pikir terlatih nantinya. Karena itu secara rutin jika dilakukan akan membuat komunikasi otak dan reflek terlatih, selain yang basic urusan jantung, paru paru dan otot, tulang semua akan mendapatkan hasil baik bagi anak anak yang mampu bersepeda sejak dini.

Berikut saya urai kebaikan bersepeda untuk anak anak dilansir dari berbagai sumber:

1. Melatih otot Kardiovasculer : dengan bersepeda maka bagi anak anak akan menjejakkan kakikakinya dan dari gerakan ini, maka otot akan dilatih, lalu membuat kerja jantung meningkat, secara terus menerus rutin akan membuat terlatih, otot kaki menjadi kuat, anak akan sehat dan bugar, pun juga membuat timbangan berat badanya akan terjaga.

2. Secara tidak langsung membuat Otot kuat : mungkin melalui suatu latihan diajari naik sepeda , awalnya sepeda roda tiga, lalu dengan sepeda normal ukuran anak anak.  Rasakan kalau kita menjadi mereka, akan berasa berat sekali kalau belum dapat naik sepeda. Dulu saya masik kecil belajar sepeda dari sepeda ukuran besar, kalau jatuh kena badan kita sakit sekali. sedikit demi sedikit latihan terus akhirnya mampu melewati kesulitan itu dan setelah bisa naik sepeda, sampai mengganggu kalau sepeda itu mau di bawa kekantor ayah. Maklum ayahku Tukang Pos. Tapi kejadian itu sangat mengingatkan masa kecilku.

3. Mengurangi Stress : naik sepeda membuat anak anak bergembira, bahkan terlebih gembira. Lihat saja kalau sudah lepas musim ujian sekolah selesai dan liburan. Maka kalau sudah bersepeda bersama teman temannya sampai larut waktu, lupa makan siang, lupa segalanya. Maunya naik sepeda terus. Biasa usia awal masuk SD baru mulai bisa naik sepeda. Dan setiap pulang sekolah mau naik sepeda, akan tetapi dulu masih pinjaman , dan dijanjikan kalau naik klas baru dibelikan sepeda. Uiiih ini terasa menantang dan memberikan kebanggaan sendiri.

4. Menguatkan Kesehatan Emosional : ketika anak anak main sepedaan bersama teman temannya, apa yang mereka rasakan adalah seolah mereka ada komunitas sendiri, mandiri membentuk group, bermain bersama, seolah menunjukkan kepada anggota kluarga dirumah bahwa saya sudah besar banyak teman diluar sudah. Ini suatu kebanggaan bagi mereka untuk menunjukkan kemerdekaannya sebagai bagian kluarga yang selalu dianggap kecil terus. Nah kesempatan keluar rumah dan bermain sepeda bersama teman akan memunculkan kepercayaan diri dan secara tidak langsung akan membuat kesehatan emosionalnya terlatih.

5. Meningkatkan Sosialisasi anak anak : dengan bersepeda bersama sama kawan kawannya akan membuat mereka menjadi seperti belajar bergaul, ada adu argumentasi, berkomentar, mengemukakan pendapat dan pastinya menjadi saling tukar komunikasi , informasi dan inilah yang membuat anak anak dilatih ketrampilan bersosialisasi. Awalnya tidak nampak , namun setelah berkembang menjadi remaja, dewasa akan muncul suatu hasil baik dari latihan bersama teman teman bersosialisasi, silahturahmi, berkawan, bersama sama.


a

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Bersepeda Untuk Anak Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel