70 Juta Gram Emas Di HandPhone

Sekarang jaman milenium, jaman digital sudah melewati jaman komputer yang pernah menjadi kebanggaan bagi yang jago komputer. Namun sejak munculnya alat tilpon pintar , ternyata semua jaman di libas secara perlahan. Konon alat yang kabarnya ada 70 Juta Gram Emas Di Handphone itu saking canggihnya , maka semua kegiatan manusia ada dalam genggaman.

Benar sejak IBM Simon diperkenalkan pada 23 November 1992 sebagai smartphone pertama didunia, maka sejak itu pula teknologinya bagaikan lari cepat, sampai sekarang muncul dengan fitur baru, kemampuan baru dan intinya lebih canggih.

Semakin canggihnya teknologi bukan semakin mahal, malah semakin mudah dijangkau tingkat pembeliannya oleh khalayak ramai. Sehingga dengan munculnya berbagai model dan tingkat kecangihannya dari yang sederhana asal dapat Whats app , sekarang sudah sampai yang dapat menjadi Televisi, Alat hitung cepat dan banyak fiture unggulan lainnya.

Tahukah kalau untuk menjadikan alat secanggih itu ICnya terbuat dari bahan mengandung emas sehingga 50 miligram setiap IC, demikian untuk membuat alat ini lebih durable panas, lebih konduktif dan tidak korosif.

70 Juta Gram Emas 


Menurut data di Statista.com bahwa dalam setahun diperkirakan 1,5 milyar tilpon pintar  telah diiproduksi di seluruh dunia. Coba hitung saja kalau setiap HP ada 50 miligram sudah berapa banyak emas dipergunakan.

Masih ragukah kamu, kalau emas mahal harganya, patutlah permintaan semakin banyak .

Kalau penduduk seluruh dunia ini tercatat 7.79 Milyar jiwa dan separuh mempergunakan tilpon pintar ini. Dari sekian pengguna Handphone ambilah 40% mengganti yang baru setiap tahun, maka ada sekitar ada 1.23 Milyar dibeli HP baru.

Apa artinya , bahwa disana diperlukan emas sekitar 61,7 Juta gram emas setiap tahun. Bukan jumlah yang sedikit kalau di total begini.

Sementara tidak semua negara perakit HP menghasilkan emas sendiri. Sebut saja China , terdapat 24 perakit namun stok cadangan sumber daya emas hanya 2000 Metricton, sedang United State terdapat 15 perakit tilpon pintar ini dan cadangan sumber daya emasnya hanya 3000 Metricton.

Jadi kekurangannya diambil dari negara negara penghasil emas lainnya. Inilah maka kemudian diperkirakan muncul yang namanya investor asing datang ke negara yang mempunyai sumber daya cukup.

Sesungguhnya kemudian bertanya , bagaimana kalau cadangan sumber daya alam itu kurang dan katakanlah habis? 

Mungkin pertanyaan itu sulit dijawab saat ini, bak bertanya bagaimana kalau minyak bumi habis?  masih dapat saya jawab ada sumber energy baru yaitu Solar Energy.

Nah kalau kini mineral termasuk emas, tembaga, perak dan lain lain . Mungkinkah ada penggantinya. 

Sebab mineral merupakan benda alam yang terdapat dialam secara alami, yang diyakini ini merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa, Sang Pencipta alam semesta seisinya.

So apa yang bisa diperbuat dari manusia?

Kiranya hanya bisa menjaga , sebaik baiknya memanfaatkannya , tetap jaga keseimbangan alam sekitar bukan hanya tumbuhan berdaun saja melainkan juga sosiologi biota hidup yang lain termasuk masyarakat tempatan.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel