7 Hal Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Kegiatan sehari hari dalam lingkup kecil diri sendiri dan kluarga saja banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Nah ada 7 hal jaga kebersihan di sekitar kita yang langsung berhubungan dengan kegiatan kehidupan setiap hari. Apa saja yang dimaksudkan dengan judul di atas , mari kita bahas satu persatu.

Kononnya Talenan dan sikat gigi itu tempat paling membawa kuman ya apa lagi tidak pernah ganti bertahun tahun. Sedang menurut dokter gigi harus sering ganti sikat gigi dengan yang baru . Didalam rumah kain pel, mobs, sapu juga bukan hal yang abadi, kalausudah bluwek kotor sekali harus diganti.

Cuci tangan sesering mungkin sehabis melakukan sesuatu hal yang bersentuhan dengan benda kotor apalgi. Kalau perlu lakukan cuci tangan dan cuci muka sehabis berinteraksi didunia orang ramai. Bagi yang sering ke pasar, naik public transportation, meeting, musyawarah, sebaiknya segera cuci tangan cuci muka dengan sabun ya.
  1. Wudhu : dengan kita mengambil air wudhu sudah secara langsung
    membersihkan badan dari hadast besar dan kecil. sedang wudhu juga langsung membersihkan kotoran yang menempel di badan. Sehingga dua hal dapat diperoleh dari mengambil wudhu. Bahkan diyakini bahwa dengan selalu dalam keadaan berwudhu , insya Allah dijauhkan dari godaan setan. Kan ada bacaanya sesudah wudhu. Ingat kalau berwudhu juga sikat gigi agar mulut tetap bersih. Kalu begitu sikat gigi harus sering diganti.
  2. Nyapu dan Ngepel Lantai rumah, salah satu penyebab kotor yang dibawa dari luar ke dalam rumah adalah alas kaki, atau bahkan telapak kaki sendiri yang pernah tidak memakai alas waktu keluar rumah dan ketika masuk lagi ke dalam rumah ini akan menyebabkan kotor di lantai. Oleh sebab itu sesering mungkin di sapu dan di mob, di pel setiap saat. Jangan biarkan kuman [penyakit sempat berbiak di seputar lantai rumah. Kalau begitu alat Pel juga harus sering diganti. Sedang nyapu diluar rumah juga penting untuk menjaga debu tidak masuk kedalam rumah, siramlah halaman sesering mungkin. Tanam tanaman penyejuk rumah, hijaukan halaman dengan tanaman bermanfaat.
  3. Cuci Piring dan sendok dan peralatan masak dengan bersih. Ada kalanya muncul malas sehingga tanpa disabun langsung disiram air begitu saja, maka alat makan dan peralatan masak membawa minyak dan itu susah hilang sendiri . Maka gunakan sabun untuk mencuci peralatan makan dan peralatan masak. Oleh sebab itu gunakan topo cuci yang selalu diganti. Jangan sepanjang tahun terus digunakan tak pernah diganti. Tahukah alat alas pengiris cabe dan bawang Talenan itu merupakan alan paling tidak pernah dicuci. Maka harus sering dicuci dan kalau perlu juga diganti kalau sudah aus usang. Lakukan makan dengan makanan sehat, halal.
  4. Pakaian Yang habis dipakai keluar beraktifitas di kantor, atau entah ke pasar, ke toko atau ke tempat ramai orang hendaknya segera ganti dan dicuci dengan sabun. Juga pakaian dalam kamu termasuk yang harus dicuci. Setelah beraktifitas di tempat umum kita tidak dapat mengontrol apakah bersentuhan atau terkena benda lain yang telah hinggap kuman atau bibit penyakit. Maka lebih baik ganti pakaian dan cucilah. Gunakan pakaianmu yang selalu bersih. Untuk menjaga meski hanya keringat kamu sendiri.
  5. Mandi dan cuci tangan setelah berkegiatan diluar rumah apalagi sesudah ditempat keramaian, berinteraksi dengan banyak orang akan sangat dimungkinkan terjadi droplet infection. Entah itu apa batuk atau penyakin lain tetapi suatu interaksi bercakap cakap dengan orang lain  berhadap hadapan sudah membuat mu wajib bercuci badan , wajah dan tanganmu, sebaiknya sekalian mandi. Dengan begitu kuman penyakit dari luar tidak sempat berbiak disekitar tubuh.
  6. Stir mobil, Stang Sepeda motor, stang speda onthel, tas cangklong apa yang menjadi pegangan tangan sebaiknya dijaga kebersihannya. Termasuk Hand Phone, Lap Top, Tabs, dan alat komunikasi yang sering dipegang tangan. Selalu disemprot dibersihkan dengan pembersih yang benar. Anti bakteri atau antiseptik, Antis atau lainnya. Untuk menjaga siapa tahu tangan kita atau ketika sedang diparkir terpegang tangan lain. Menjaga lebih baik dari pada kejadiuan.
  7. Selalu berdoa dan memohon kepada Yang Maha Pencipta. Melalukan hal baik tentu diawali dengan menyebut asma Allah, dan lakukan dengan ikhlas , termasuk ibadah kalau dilakukan dengan suatu rasa senang , suka, ridho ikhlas. Dalam hal ini kebutuhan untuk menjaga sehat adalah yang kita mau, sedang yang punya sehat Sang Pencipta Allah Aza wa Jalla. Mari memohon kepadaNYA lebih kuat lagi. Semoga kita semua diri sendiri, kluarga, saudara, semua seluruh negeri di beri nikmat sehat, nikmat hidup sejahtera dunia akhirat. Amin Ya Robb.

Ijinkan saya mengutip Quran surah Al Imron ayat 191 yang artinya :

"Orang-orang berakal yaitu orang-orang yang senantiasa memikirkan ciptaan Allah, merenungkan keindahan ciptaan-Nya, kemudian dapat mengambil manfaat dari ayat-ayat kauniyah yang terbentang di jagat raya ini, seraya berzikir kepada Allah dengan hati, lisan, dan anggota tubuh. 

Mereka mengingat Allah sambil berdiri dan berjalan dengan melakukan aktivitas kehidupan. 

Mereka berzikir kepada-Nya seraya duduk di majelis-majelis zikir atau masjid, atau berzikir kepada-Nya dalam keadaan berbaring menjelang tidur dan saat istirahat setelah beraktivitas, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi sebagai bukti kekuasaan Allah yang Maha Agung seraya berkata, Ya Tuhan kami! Kami bersaksi bahwa tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia melainkan mempunyai hikmah dan tujuan di balik ciptaan itu semua. Mahasuci Engkau, kami bersaksi tiada sekutu bagi-Mu. 

Kami mohon kiranya  Engkau  melimpahkan taufik agar kami mampu     beramal    saleh        dalam rangka menjalankan perintah-Mu, dan lindungilah kami dari murka-Mu sehingga kami selamat dari azab nerakaMereka berdoa kepada Allah Sang Pencipta yang menghidupkan dan mematikan. 

Ya Tuhan kami, sesungguhnya orang yang Engkau masukkan ke dalam neraka karena menyekutukan-Mu dan akibat keangkuhannya, maka sungguh, Engkau telah menghinakannya dengan menimpakan azab yang pedih, dan tidak ada seorang penolong pun yang dapat memberikan pertolongan bagi orang yang zalim. Karena orang-orang zalim pantas mendapatkan murka dan siksaan dari Allah"  (sumber tafsir Kemenag)
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel