Sampah Elektronik

Limbah elektronik kemana dibuang?
Sampah adalah sebuah produk sisa dari suatu aktifitas, dan dapat bersifat organic maupun unorganic. Yang saya ketahui Sampah dapat berupa daun, kertas, kaca, plastik, logam  dan elektronik, sisa medis dan lainnya. Nah untuk sampah elektronik kemana dibuangnya, mengingat banyak pendapat tentang e-sampah ini.

Tertarik dengan hal tersebut maka saya memposting benda jenis satu ini.

Sampah Elektronik adalah sampah yang berupa sisa sisa atau buangan barang barang elektronik seperti misalnya TV, Komputer, Lap Top, Tab, Hand Phone, dan e-sampah lainnya.

Namun saya juga sering mendengar bahwa ada bahayanya kalau e-sampah ini dikumpulkan dekat kehidupan kita, pasalnya ada bahan elektroniknya yang dapat mengeluarkan racun atau dapat menyebabkan mudah terbakar atau akan mudah pecah meleleh sendiri dan menyebabkan benda lain rusak.

E_sampah dapat didaur ulang, manfaatkan benda tak berguna
Samar samar saya juga mendengar semacam mitos kalau memang tidak baik menyimpan barang, benda yang sudah mati, artinya HP rusak, TV rusak ,Komputer rusak. Entah betul atau tidak mitos ini , samar saya dengar.

Terlepas dari apa yang saya dengan entah itu saja mitos atau memang sebenarnya tidak baik menyimpan barang bekas elektronik  dirumah.

Sementara juga bahwa dari pada e-sampah ini dapat di manfaatkan sebagian partnya untuk membangun benda bentuk baru. Mungkin ini satu teknologi lainnya yang saya belum tahu.

Ada juga seorang seniman telah memanfaatkan e-sampah sebagai bahan untuk karya lukisan kolasenya dan berhasil menjadi suatu karya yang menakjubkan.

 

Inspirasi saja

Melihat semakin banyaknya e_sampah di sekitar kehidupan masyarakat, maka kalau ada yang dapat memanfaatkan dengan caranya dan teknologinya, saya salut dan acung jempol. Lanjutkan.....kata nya.

Produk lain itu boleh bersifat ambil dari partnya atau rangkanya saja dimanfaatkan, dengan cara bagaimana , mereka yang sudah lebih pakar akan tahu tentang bagaimana proses selanjutnya e samapah setelah dibuang pemiliknya.

Kalau Dari pihak yang berkuasa berkompeten dapat memberikan motivasi saya yakin secara positip akan membawa publik untuk membuang sampah elektronik ini menjadi satu dan tentu butuh satu penggiat dan penggerak pengumpul e sampah di seluruh wilayah.

Saya kira akan menjadi suatu yang bernilai lebih juga, dari pada disimpan dikumpulkan pemiliknya, padahal barang sudah rusak tak berguna lagi. Terbukti banyak sudah karya benda baru dari e sampah. Cuma pemnfaatan dengan yang dibuang tidak berimbang. So masih menumpuk di tempat sampah ya...

Daur Ulang E_Sampah

Lukisan kolase dari e sampah, benda tak berguna menjadi bernilai, Jempol kreatornya.
Sampah elektronik mungkin sudah banyak yang didaur ulang, meski belum familiar di Indonesia.. entah atau saya yang kurang dengar, Akan tetapi mendaur ulang sampah elektronik sebaiknya sudah perlu menjadi hal yang dososialisasikan secara terbuka .

Ada baiknya pengetahuan tentang sampah jenis ini dan sampah lainnya dapat di woro woro kan se detail mungkin sehingga dapat dikenali sebagai pengetahuan bagi masyarakat umum sampai ke tingkat paling bawah bahkan sampai ke pedagang pasar kaget sekalipun.

Emas daur ulang dari  e sampah
Memanfaatkan perangkat pemerintah sangat bagus untuk membagi pengetahuan tentang e sampah atau environment. 

Selalu menjaga kehidupan sehat disekitar kita sangat positip dan apresiasi setinggi tingginya. 

Disana dinegara maju sudah sangat menjaga akan lingkungan hidupnya, utamanya tentang sampah.

Sampah Logam,Sampah Plastik, Sampah medis

Saya tertarik atas tiga jenis sampah ini untuk menjadi perhatian lainnya, mengingat paling banyak berada ditempat pembuangan sampah benda benda tersebut.

Sampah plastik sehingga sekarang belum ada yang dapat menyelesaikan bagaimana mendaur ulang nya sehingga hancur dapat dimakan bumi.

Sampah logam mungkin tepat dan sudah banyak digunakan untuk di daur ulang. Banyak pengumpul yang menjadikan pencaharian atas logam bekas ini.

Sampah medis yang paling menjadi perhatiannya seiring wabah pandemi Covid 19 ini sekarang menurut saya menjadi prioritas untuk disolusi bagaimana akhir penyelesaiannya. Tak banyak yang tahu soal penyelesaian sampah medis, smoga sudah dapat diselesaikan secara prosedur dan benar adanya.

Selainya adalah sampah yang dapat domakan bumi secara baik adalah sampah kayu, sampah daun dan sampah kertas dan sampah makanan. Ini tidak membuat masalah bagi bumi untuk menyelesaikan, Cuma ya harus dikumpul secara baik dan dibuang ke tempat yang betul.

Bau yang ditimbulkan terbawa angin sudah merupakan gangguan kehidupan disekitarnya. Mungkin kalau angin kuat dapat mempengaruhi bau ini sampai beberapa kilometer yaa. 

Mengajak para pakar dan simpatisan penyelesaian sampah untuk mari berinovasi dengan gerak nyata dalam menyelesaikan sampah dimana mana. Saya tidak tahu persis berapa KG setiap hari dari rumah rumah, dan menjadi berapa ton dari setiap kota di seluruh wilayah.

Maka jangan tunggu apa lagi, hayo para orang pandai , orang bijak keluarkan ilmunya untuk menyelesaikan sampah, biar sekecil apapun sumbanganmu merupakan hal nyata yang sangat positip.

Trimakasih, kalau baik dari Allah ta ala, yang kurang mohon maaf itu dari saya sendiri. Semoga harimu baik, jaga sehat, jaga bersih dan jaga lingkungan.

Sampah Organik

Sampah organik dimaksud adalah sampah daun, sayuran, buah buahan sisa dari dapur yang tidak dapat dimasak sama ibu ibu disana. Maka sampah dapur inilah yang paling menarik untuk di daur ulang menjadi bahan baku kompos.

Selanjutnya kompos dapat dipergunakan untuk menambah kesuburan tanaman. Nah sekarang tinggal bagaimana mengelola sampah dapur menjadi lebih terarah dan terkoleksi secara baik teratur, sehingga menjadi suatu produk kompos yang dikemas dan dapat menjadi barang bernilai.

Kompos dari sampah dapur
Perlu suatu management tatakelola sampah yang disusun terpadu dari level RT sampai ke level kelurahan , kecamatan. Inilah yang saya maksudkan dengan perlunya campur tangan pihak berkuasa dalam bidang terkait untuk ambil bagian dalam hal sampah ini.

Sampah organik kalau dari satu kluarga ada 2 sd 3 Kg saja maka satu RT boleh menjadi 100 sd 200 Kg per hari, kalau seminggu sudah jadi satu ton lebih. Makna ini suatu prospek yang boleh mendatangkan rezeki.

Tentu KALAU DIKELOLA DENGAN BETUL caranya.

Saya yakin hanya butuh inisiasi dari atasan saja untuk menjadikan sampah organik menjadi sesuatu yang bernilai . Bahkan akan menjadikan kesuburan tanaman dan bermanfaat kepada setiap halaman rumah.

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel