Covid19 Menginspirasi Dunia

Adalah bahwa Covid19 merupakan hal yang negatip dalam tanda petik, Namun ada inspirasi dibalik kejadian pandemi Covid19, bahkan mengisnpirasi kepada banyak hal dan juga banyak kejadian yang secara langsung maupun tidak langsung ada efek samping dari situasi dan wabah penyakit ini.

Menurut dokter bahwa penyakit Covid19 ini merupakan penyakit yang menyerang kepada bagian pernapasan dan penularannya melalui "droplek infection" yakni percikan air liur melalui mulut. 

Oleh itu maka menjaganya ya jangan sampai terjadi percikan dari mulut ke dirimu, atau jangan terjadi saling adu mulut langsung.

Lantas apa inspirasinya kepada dunia?

Satu hal yang saya cermati adalah bahwa , yang pertama bahwa dengan adanya Covid19 ini menjadi ujian bagi semua pemimpin di lingkungannya masing masing. Baik dari pemimpin kluarga sampai ke pemimpin negara, dunia sekalipun.

Loh mengapa demikian? kok ujian bagi pemimpin.

Adalah bahwa ujian ini tidak datang sendirinya, akan tetapi semua atas kehendak Allah aza wajala Yang Maha Kuasa, yang mampu mengatur seluruh jagad raya ini. Jangankan cuma dubumi, seluruh jagad raya saja diciptakan, lalu mengapa masih meragukannya?

Sejak kejadian Covid19 ini , situasi menjadi satu hal yang paket, atau satu kesatuan ikatan. Nah ikatan itu kalau satu kluarga yang dikordinis kepala kluarga, sedang kalau negara ya dikordinir oleh kepala negara.

Nah dengan adanya situasi dari Yang Maha Pencipta ini telah menguji para pemimpin semua level pemimpin. Bayangkan untuk mengatasi segala ikhwal masalah berkait dengan Virus Covid19, semua bergerak atas pemimpin. 

Kepala Negara mengatur jajarannya ,menterinya, Menteri mengatur staf ahlinya, dan seterusnya sampai Bupati mengatur camatnya, sehingga sampai ke Lurah dan RW RT segala.

Ujian apa dibalik situasi ini? banyak hikmah dan latihan dimaknai.

Antaranya untuk menjadi pemimpin yang tahan, sabar, bijak mengambil langkah, cermat melaksanakan gerak, pandai membawa tim kerja, dan ujian yang paling utama adalah ketakwaan kepada Allah ta ala.

Nah Sekarang apakah kamu seorang pemimpin yang saya maksudkan, maka jawaban ada dalam diri sendiri. Namun kalau saya bersaran menjadilah peserta ujian ini yang teliti dan jujur menyelesaikan soalan ujian.

Yakinkan bahwa segala sesuatu tidak ada yang terlepas oleh pngamatan danri Yang Maha Kuasa , Allah aza wajala. 

Ujian Yang Nyata

Untuk menyelesaikan ujian tersebut, secara nyata seorang pemimpin baik dari lingkungan kluarga sampai pemimpin negara adalah apa yang dapat dilihat oleh anak , anggota, dan masyarakatnya. 

Semakin banyak gerak nyata yang dapat dinikmati oleh anggota, anak buah dan masyarakatnya, maka menunjukkan ujian telah dikerjakan dengan baik.

Di dalam level kluarga, bagi seorang ayah maupun ibu dalam rumah tangga menjadi bagian dari pemimpin kelompok kecil yang terdiri hanya beberapa orang dengan anggota anak anak mereka.

Ujian yang dikerjakan dalam situasi Covid19 ini membawa situasi dalam rumah tangga menjadi terjaga sehat, terjaga bugar, kebersihan, olah gerak dan mengatur ekonomi yang ada seadanya.

Kluarga yang dipimpin dengan baik akan tetap terjaga dan tambah amanah, beriman dan terjaga harmonisasi dalam kehidupan sehari hari. Bukan ukuran harta atau pangkat, semua kluarga ada pada tingkat masing masing.

Kata orang jawa " urusan ekonomi,  Ada banyak habis , sedikit pun cukup" inilah yang namanya "Barokah rahmat Allah ta ala". Yang banyakpun akan habis juga, begitupun yang sedikit juga cukup cukup saja.

Sedang untuk ukuran lebih besar, seorang pemimpin secara nyata telah membuat kebijakan dan keputusan untuk digerakkan di bawahannya atau di dalam masyarakatnya.

Gerak lajunya kegiatan hasil dari keputusan pemimpin merupakan hasil pengerjaan ujian yang sedang dikerjakannya. Mungkin hal ini sadar atau tidak telah berlangsung dan sedang berlangsung dilaksanakan oleh satu team atanara pemimpin dan bawahannya.

Inspirasi Inspirasi Dunia dari Covid19

Menurut apa yang saya simak dari situasi Covid19, maka saya dapat memerhatikan bahwa banyak inspirasi dari situasi Covid19 antara lain:
  1. China merupakan salah satu penyelesaian pandemi yang sangat masive dan solid. Inspirasi kedisiplinan warga, sistem yang diciptakan solid dan informatip, praktis bagi warganya. Semua itu sangat memberi inspirasi bentuk kerja yang maksimal full team , satu hati satu kebijakan yang memberikan hasil optimal. Meski awal mula ditemukan virus ini dari daratan ini, namun kalau tidak karena kerja dan sistem yang solid , maka hasilnya tentu berbeda. Coba saja lihat, pemerintah nya langsung gerak cepat bangaun Rumah Sakit Khusus Corona dan segala aspek pendukungnya. Salut untuk hal ini.
  2. Vietnam menjadi salah satu negara dengan data minima dan menunjukan
    paling sedikit efek fatal dari situasi Covid19 ini. Inspirasi dari negara ini adalah satu pengambilan kebijakan yang gerak cepat dari pemimpinnya dan kepatuhan masyarakatnya yang solid, terpadu dalam sistem kerja maksimal, maka memberikan hasil optimal . Tabik untuk negri ini.
  3. Italia negara yang konon  terjadi penyebaran banyak warga pada suatu hari, karena warga kurang disiplin mematuhi anjuran yang berlakuk saat itu. Alhasil yang terdampak meningkat drastis. Ispirasi kalau kurang disiplin dapat membawa hasil negatip terhadap seluruh kesatuan petugas dan warga. Moga segera teratasi dan menjadi normal kembali.
  4. Amerika adalah negara terbanyak terpapar Covid19, padahal menurut saya ini negaranya orang pandai dan negara adidaya. Sebut saja siapa negara
    kuat , pasti jawaban Amerika. namun dengan Covid19 tiada dapat mebendung, pandemi itu datang bagai silent mision tanpa kenal ampun. Dan negara nya Presiden Trump ini menjadi yang paling banyak terdampak pandemi ini. Inspirasi lain adakah karena menganggap kurang serius diawal pandemi ini masuk ke negara paman sam? mungkin. Pastinya datanya bahwa kedisiplinan ketat dalam menjaga penyebaran virus ini kurang dijalankan. Moga negaramu pak Trump , segera terlepas dari pandemi.
  5. Brasil juga menjadi negara yang sangat banyak terdampak sesudah Amerika. Mengapa demikian, boleh jadi adanya "lockdown" yang diterapkan pemimpinnya belum sepenuhnya diadobt dengan baik oleh warganya. Lagi lagi inspirasi kedisiplinan warga. 
  6. Korea Selatan, menjadi negara yang cukup baik dalam menangani pandemi Covid19. Oleh sebab itu negara ini cepat kembali normal, menuju kehidupan biasa seperti sebelumnya.
  7. Indonesia, apa inspirasi dari negara di nusantara di Katulistiwa ini. Bahwa Covid19 tidak takut juga sama sinar matahari , ternyata banyak efek pandemi yang terdampak di masyarakat sekarang ini. Inspirasi apa yang dapat di ambil? adalah menganggap sinar matahari dapat menjaga dari virus Covid19. namun apa yang terjadi cuaca tidak mendukung, hujan hampir hari hari turun. Oleh karena itu pernyataan itu tidak dapat dijadikan satu inspirasion. Inspirasi lain yang saya dapat perhatikan di sini adalah bahwa ketidak pahaman akan virus ini , apa , bagaimana penyebarannya dan bagaimana mencegahnya belum sepenuhnya di adob oleh warga. Inspirasi lain juga bahwa ada banyak pelanggaran situasi hanya karena alasan ekonomi dan kekurang pemahamannya.
So itulah beberapa hal menginspirasi saya dari situasi Covid19. Dan yang paling besar makna dari beberapa hal inspirasi tersebut yaitu:
  1. Semakin bersosial
  2. Kebersamaan
  3. Kedisiplinan
  4. KeTuhanan
  5. Team work. 
Selain inspirasi tersebut beberapa hal yang menjadi pemerhatian saya adalah bahwa efek lain yang nyata dari adanya ujian corona adalah :
  1. Dampak Perekonomian
  2. Dampak Pendidikan
  3. Dampak Sosialita
  4. Dampak Kebudayaan
  5. Dampak Kerohanian 

Apa yang dapat di ambil

Dari semua inspirasi di atas, maka apa saja dapat diambil untuk menjalani kehidupan sehari hari. Banyak hal yang dapat diambil dan menginspirasi kita dari situasi corona virus.

Menjadikan kita aware, perhatian akan kesehatan, betapa berartinya "sehat" bagi diri kita. Coba lihat saja, sakit sepertinya tidak seberapa , akan tetapi kalau tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian, itu akhirnya.

Oleh sebab itu setelah lebih memahami hal ini, maka takutlah akan penguasa dunia jagad raya ini. Yang Maha Pencipta.

Sehingga banyak yang tak disadari bahwa betapa Kuasanya Allah aza wajala di atas kehidupan manusia di bumi, bahkan di jagad raya alam semesta ciptaanNYA.

Saya berasa kecil dan paling kecil, rapuh dan paling rapuh di hadapannya, tiada pun dapat cukup saya gunakan sebagai ungkapan rasa syukur, atas karunia yang telah diberikan sehingga saat ini , menjadi begini.

Seolah tak ada apa apanya , yang ada dihadapan kehidupan kita, sebagai mana sering kita banggakan rumah kita, mobil kita, harta kita , dollar kita, dan apapun yang kita miliki.

Semua sekejab saja kalau Allah mau uji atas diri kita. Sekecil apa yang namanya virus, sehingga sekarang belum dijumpai obat dan vaksinnya. Betapa Allah Maha Pandai, Maha segala Maha dari kehidupan dunia manusia ini.

Saya sejenak merenungkan QS Al Mulk : 1
"Mahasuci Allah yang menguasai segala kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu"  
Ya Allah , selesaikan semua masalah Covid19 ini dari muka bumi dari seluruh negara di dunia ini. Semua yang baik datang dari Allah ta ala, sedang yang kurang baik itu dari diri saya , maaf kalau ada kekurangan.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel