Banjir Rob Banjir Di Musim Panas Kok Bisa

Baru baru ini melihat adanya banjir di salah satu sudut ibu kota Jakarta dan sebahagian kota di luar Jakarta. Katanya banjir itu adalah banjir rob, dimana dalam pemahaman saya banjir rob adalah banjir yang disebabkan oleh adanya permukaan air yang terus naik atau stabil tidak turun. Kok bisa terjadi?

Permukaan air yang stabil tidak mau turun ini disebabkan apa?

Berbagai hal dapat terjadi, di antaranya  adanya turun hujan yang terus menerus di suatu daerah catchment area yang tercakup di dalam wilayah , dan berpengaruh terhadap perubahan permukaan air. Adalah air laut sebagai badan air terakhir.

Dalam kesempatan ini saya ingin berpendapat satu hal saja, bahwa adanya air yang tidak mau turun karena keseimbangan muka air tanah dan muka air laut sebagai titik terendahnya sudah tidak ada perbedaan.

Mengapa tidak ada perbedaan kedua muka air itu?

Secara Geologi , permukaan bumi ini terdiri dari berbagai lempengan kerak bumi yang selalu bergerak dan berubah permukaannya. Mungkin ada desakan dari pergerakan benda alam dalam bumi atau dari erosi permukaan yang merubah level permukaan tanah.

Pulau Jawa merupakan bagian dari satu lempengan kerak bumi yang selalau bergerak. Oleh sebab itu dari pergerakan itu menyebabkan perubahan permukaan bumi di suatu lokasi atau ada permukaan naik dan turun.

Sementara apabila disuatu lokasi permukaan kerak bumi menjadi turun, maka akan senantiasa menjadi bagian yang akan digenangi air dikala permukaan air melampaui level permukaan bumi.

Study kasus di pantai Utara Jawa.
Ditinjau dari sudut pandang kebumian amaka akibat perkembangan tektonik kulit bumi di jalur volkanik akan mengalami perubahan permukaan.

Demikian untuk menjadi keseimbangan, maka bagian yang rendah akan di datangi oleh air dari level lebih tinggi.

Untuk terjadinya banjir di sudut Jakarta merupakan efek penurunan permukaan bumi yang diakibatkan oleh tektonik. 

Coba di study saja, dari tahun ke tahun maka pantai Utara Jakarta sampai ke patai Utara Jawa  Barat - Jawa Tengah akan menjadi turun. Itu akan membuktikan pendugaan saya ini.

Study kedua, coba perhatikan dasar laut Jawa di sepanjang pantai Utara Jawa. Suatu cekungan atau badan air akan mengalami perubahan dasar cekungan dan ini merupakan satu proses alam berlangsung normal.

Kalau terjadi kecepatan penurunan dasar cekungan lebih kecil dari pengangkatan dasar cekungan , maka laut akan semakin dangkal, dan sedimen menjadi tipis. Atau efek level permukaan air akan mempengaruhi daratan sebagai yang disebut banjir Rob.

Rate Of Subsidence  =  Rate Of Deposition
Sub surface behavior versus Surface activity
Banjir Rob terjadi di daerah flood plain

So banyak lagi alasan dapat dicari untuk menelaah banjir Rob.

Bagaimana mengatasi Banjir Rob?

Sebagai awam yang tinggal di sekitar atau bahkan di lokasi banjir, maka ya harus membuat lingkungan seolah hidup di atas air. Misal dengan rumah panggung, sedia sampan selalu, dan hal lainnya.

Membuat resapan air di halaman. dengan menanam pohon berakar tunggang yang dapat memberi laluan air tanah masuk ke dalam bumi.

Hijaukan lahan dengan pokok kayu, bukan dengan batu atau semen.  

Semankin banyak permukaan tanah yang ditutup dengan semen atau keramik atau batu atau batako atau bata atau apapun lainnya , maka semakin berkurang kemampuan daya resap tanah terhadap air di atasnya.

Oleh karena itu, kalau kamu ada sedikit saja tanah , halaman atau sudut trotoar , maka tanamlah tanaman berakar berkayu. Semacam pohon Mangga, Sawo, Nangka, Kelapa, dan sebagainya.

Selain untuk di harap berbuah juga dapat menjaga membantu melajunya air resapan ke dalam tanah.

Salut dan tabik bagi yang telah menanam pohon, dan mari ajak ajak sahabat untuk bertanam demi kenyamanan lingkungan kita semua.

Udara sehat, dari tanaman di mana mana , semua menjadi satu satuan yang paket kelestarian lingkungan hidup  

Bukan Banjir Rob itu apa, Tetapi Bagaimana Atasinya

Soalan banjir rob memang menjadi pusat perhatian , namun janganlah terlalu dipikirkan apa itu banjir rob.  Akan tetapi sebaiknya pikirkanlah jalan keluar mengatasi dan mengurangi terjadinya banjir rob.

Dari perbuatan sekecil apapun yang bertujuan untuk mengurangkan banjir , sungguh itu hal yang baik, sangat baik.

Contoh, menjaga lingkungan bersih, sampah terjaga terkelola dengan baik, saluran tidak mampet, resapan air ada diseputar kita. Ini saja sudah sangat baik sekali untuk mengurangkan masalah banjir.

Dengan berpikir  bagaimana mengatasinya , berbuatlah terbaik untuk sesuatu hal yang berhubungan dengan masalah penyebab banjir: sampah, resapan air, got , saluran air dan semua hal ini menjadi edukasi bagi warga yang semuanya terlibat.

Keterlibatan warga masyarakat dalam urusan mengurangkan banjir itu sudah sangat baik dan memberi support dan andil dalam petugas yang terkait untuk mengatasi banjir.

 Jangan merasa itu ada petugasnya

Bagi sebagian yang masih belum terpanggil untuk memahami perlunya menjaga mengurangi penyebab banjir ,hendaknya sekarang dapat memahami dan menyadari akan bantuannya terhadap partisipasi penannggulangan banjir.

Sungguh keikutsertaan anda dalam hal menjaga mengurangkan bahaya banjir adalah suatu aktifitas yang sangat mulia dan ini tida kelihatan. Namun harus selalu menjadi hal yang "habit" di masyarakat.

Bukan saja petugas saja urusannya , melainkan seluruh warga yang ada di dalam area catchment dan daerah curah hujan serta daerah genangan banjir. Sepanjang seluruh warga masyarakat dan petugas serta pemimpin di dalam wilayah tersebut menjadi satu paham dan satu gerak untuk mengatasi banjir, maka in shaa Allah ...tiada lagi banjir di masa mendatang.

Mengurangi saat ini akan bahaya , mungkin nanti semakin mengurangi lagi dan akhirnya terbebas dari bahaya.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel