Kacamata Awam "George Floyd"

Bagi saya sebagai orang awam yang tidak pernah tahu sebelumnya tentang apa itu Amerika dan apa itu George Floyd, maka menonton TV tentang peristiwa protes di Amerika yang melibatkan warga kulit hitam dan simpatisannya. Maka saya menjadi tertarik untuk mendengarkan lebih konsentrasi setiap ada pemberitaan itu. 

Pada tahap berikutnya saya mencoba mencari berita dari Youtuber dan berita di google news update baik dari CNN, ABC News, 7News dan juga VOA Indonesia, dan apa yang saya pahami semakin jauh dan menambah wawasan saya dalam pengetahuan tentang Amerika.


Asal Amerika 30000 Tahun Lalu

Konon awal mula perkembangan bangsa Amerika di awali pada sekita 30 000 tahun yang lalu, dengan ekspansi adalah dari Eurasia yang menyeberangi Alaska lalu menyebar ke Selatan, setelah mencairnya jembatan es di Kutub Utara.

Menurut cerita sejarah bangsa Viking telah menduduki dataran Amerika pada Abad ke 11 terutama di bagian Utara , namun dalam perkembangannya bangsa ini hampir tidak ada lagi di abad ke 15.

Pada periode selanjutnya mungkin inilah yang mengawali penduduk asli Indian Amerika seperti yang tersisa sehingga sekarang.

Columbus 1492

Sejarah menulis bahwa dalam perjalanan mengarungi bumi yang bulat, maka Crystopher Columbus menemukan daratan Amerika pada tahun 1492 . Sejak saat ini lah dimulainya migrasi bangsa Eropa ke tanah kepulauan Karibia ini.

Bangsa Eropa termasuk Inggris, Perancis, Belanda, Portugis, Spanyol dan Russia telah menancapkan kaki di dataran baru ini dan berkembang kolonial di sana sebagai sejarah Amerika.

Dalam pandangan Columbus bahwa benua Amerika saat itu merupakan bagian yang menyatu dengan dataran Eropa-Asia. Pandangan ini sebenarnya tidak tepat namun belum ada yang menyangkal sehingga sampai seorang Americu Vespucciv datang di tahun 1501 setelah melayari pantai Timur Amerika Selatan sampai Amerika Utara.

Americu Vespucciv 1454 - 1512

Seorang pedagang Italia dari Firenze, Italia bernama Americu Vespucciv dengan kemampuannya seorang marketing, Banking, Travelling, Sailor dan banyak keahliannya lainnya.

Vespucciv telah berlayar menyeberangi lautan Atlantic dan membuktikan pendapatnya bahwa daratan yang ditemukan C Columbus adalah terpisah dari benua Eropa-Asia.

Dia pula yang mengembangkan perdagangan di daerah pantai Timur Amerika, Brasil dan pulau De Verde. Sistim setor pajak bagi petani Anggur, dan lainnya mulai berkembang diterapkan di seluruh wilayah yang ada kolonialnya pada masa itu.

Penduduk asli diwajibkan setor pajak, dipindah lokasinya ketempat baru dari piliha orang kulit putih. Kalau menentang di berikan sanksi atau bahkan dipenjara , dengan segala cara pada masa itu dalam skala ringan sampai berat.

Mulai dari pandangannya tentang daratan baru yang terpisah dari daratan Asia-Eropa , sampai ke pola perdagangan, maka berkembanglah kolonial di daratan baru ini dari bangsa Eropa.


Revolusi Amerika 1775

Satu pergerakan politik pecah yang dikenal sebagai Revolusi Amerika pada tahun 1775 dipimpin oleh George Washington. 

Awalnya menentang aturan pajak sepihak yang diterapkan oleh kolonial Inggris dan Eropa lainnya pada saat itu. Akhirnya meletus protest dan aksi ini menjadi awal dikenal sebagai Revolusi Amerika


Amerika Merdeka 1776

Pada masa ini seorang tokoh Thomas Jefferson memotori satu konggres di Virginia tempat kelahirannya , untuk menuju Amerika merdeka.

Sehingga pecah revolusi terus berlangsung dalam tahun berikutnya pada 4 Juli 1776 bangsa campuran Eropa tersebut mengumumkan beridirinya Negara Amerika dan George Washington terpilih sebagai Presiden Pertama.

Ada sekitar tiga belas koloni bersatu menyatakan berpisah dari Inggris Raya dan hal ini banyak di tulis oleh Thomas Jefferson.

Mulai dari sini aturan baru , undang undang baru dalam sistim tatanan baru diberlakukan.

Perbudakan Bangsa Kulit Hitam

Sistim perbudakan sudah dijalankan di Amerika sejak jaman kolonial Inggris pada abad 18, dan secara legal di Virginia, Maryland dan umumnya kalau menyebut budak itu tentu dimaksudkan adalah kulit hitam. 

Kulit hitam pada masa itu dimaksud adalah orang Afrika yang dibawa berlayar oleh orang Eropa sebagai pekerja kebun dan lahan pertanian.

Dari sinilah menjadi awal mula warga kulit hitam di Amerika menjadi orang nomer dua atau tiga dan seterusnya.

Meski telah ada banyak kejadian bermakna yang ingin mengangkat martabat dan status ras kulit berwarna ini, namun kebiasaan masyarakat dan umum masih belum dapat menghilangkan statuta tersebut sehingga sekarang.

Inilah buah dari adanya kolonialis dari negara maju ke tempat baru atau ke negara yang belum maju.

Apapun bentuknya penjajahan, kolonialisme atau perbudakan merupakan hal yang tidak menjaga keseimbangan hak. Yang pada akhirnya menjadi tidak menjaga keadilan, kesetaraan hak.

Kalau sudah terlampau jauh kesenjangan itu , ya apa jadinya.

Suku Indian Amerika

Sebagai penduduk asli yang dikenal paling awal di daratan Amerika adalah suku Indian Amerika. Yang ras nya antara lain Cheyenne, Apache, Cherokee, Miccosukee dll.

Kira kira menurut sejarahnya bangsa asli daratan Amerika ini merupakan penyebaran dari bangsa Eurasi yang telah menyebrang Siberia, Alaska dan menuju ke Selatan membentuk suku tersendiri.

So bangsa asli Indian Amerika ini bukan di datangkan sebagai pekerja dalam sejarah yang disebut perbudakan itu. Dia memang sudah ada sejak 23 000 tahun lalu.

Satu peristiwa yang tidak terlupakan adalah pembantaian orang asli, yang berawal dari keinginan bangsa pendatang (notabene dari Eropa) untuk menguasai ekonomi di daerah jajahannya. Terutama yang terjadi di California dengan peristiwa California Gold Rush.

Saat itu untuk memperebutkan tambang emas di California. Banyak warga asli indian yang jadi korban pembantaian itu.

Peristiwa Besar Warga Kulit Hitam

Peristiwa besar di Amerika yang berhubungan dengan warga kulit hitam adalah terjadi pada tahun 1968 yaitu pembunuhan pemimpin pejuang hak hak sipil Martin Luther King. 

Seketika pada 4 April 1968 menjadi hari dalam sejarah perkembangan politik, sosial dan ekonomi di negeri paman sam.

Namun keadaan nyata di Amerika sehingga sekarang ya sedikit saja masih ada tampak adanya kesenjangan ekonomi antara kulit hitam dan kulit putih. Mungkin karena memang sejak dari mula dulunya bahwa warga kulit hitam di bawa ke benua baru oleh bangsa kolonial Eropa pada waktu itu, di bawa sebagai budak pekerja di pertanian dan pabrik bangsa kulit putih.

Bahkan undang undang melegalkan perbudakan bangsa kulit hitam ini, sebut saja di daerah Virginia dan Maryland. Kecuali di Penzilvania ya. 

Amerika Tetap Amerika

Sebagai orang awam, memerhatikan pada berita dan tayangan video dari berbagai sumber di layar kaca dan di dunia maya. Maka saya mempunyai pendapat bahwa adanya protest sebesar apa yang terjadi sekarang ini pada akhirnya akan berlalu saja.

Simaklah secara seksama, bahwa awalnya protest berjalan damai bagus, kemudian fandalisme brutal penjarahan perusakan fasilitas umum dan pembakaran .

Namun kemudian menjadi protest damai dan berjalan bagus santai dan penuh perasaan damai. 

Karena sesungguhnya apa yang terjadi merupakan luapan kekesalannya dari warga kulit hitam yang membawa partisipasi warga lainnya, entah kulit berwarna atau bukan.

Sementara dari penguasa yang dengan tenang dan seksama mengamati tiada satu hal yang mengkhawatirkan bagi kelangsungan kekuasaannya. 

Mungkin kalau di negri berkembang , sudah banyak ditunggangi banyak pihak atau oknum politik lainnya.

Namun apa yang terjadi di Amerika, bangsanya sudah jauh maju lebih dulu dan semakin memiliki prinsip.

George Floyd 

Adalah seorang warga Afro-Amerika yang mengalami satu peristiwa besar sehingga menjadi apa yang terlihat seperti di TV dan sumber berita lainnya yang saya lihat dan saya baca. 

Sebelumnya , mungkin dia hanyalah seorang pekerja warga kulit hitam biasa dan tidak mempunyai hubungan apapun dengan dunia luar selalin keluarganya.

Namun sekarang namanya telah menjadi goresan sejarah Amerika bahkan dunia atas kematiannya dibawah lutut seorang oknum polisi bernama DC. Bukan ini yang saya ingin sampaikan.

Akan tetapi dari peristiwa , atau hal yang terjadi disudut kota Meneapolis ini telah memberikan arti bahwa kesenjangan dari suatu hal dapat membawa dampak yang buruk terhadap tegaknya suatu negri.

Selain itu bahwa keadilan merupakan hal yang pasti diharapkan oleh semua umat, termasuk warga kulit hitam "George Floyd" Keduanya.

Ketiga hendaknya momentum seperti ini jangan menjadi satu momen yang bersifat buruk seperti penjarahan, pembakaran, perusakan dari fasilitas umum yang dapat merugikan umum yang mana mungkin mereka tidak ada hubungannya.

Semua yang kita lakukan entah itu baik atau buruk selalu ada dalam pengawasan Allah aza wajala , so jangan lah berlaku negatip dalam menjalani gerak laku kehidupan ini. QS Anam 59.

"Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)". 
(Al-An'am/6:59)

Semua yang baik datang dari Allah, yang kurang baik dari saya sendiri, maka mohon maaf kalau ada salah dan kurangnya dalam penulisan ini. smoga kamu sehat dan berbahagia.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel