Gudang Amonium Nitrat Meledak Menjadi Bom Beirut

Sebuah tempat gudang amonium nitrat  meledak menjadi bom Beirut di Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020 kemarin. Ledakan ini telah secara langsung menyebabkan 78 orang meninggal dunia dan ratuan orang luka, hampir 4000 orang terdampak akibat getarannya yang menyerupai Bom Atom di Hirosima dan nagazaki. Di lansir "The Guardian dan BBC "

Sejauh ini Beirut dalam keadaan terkawal oleh adanya pasukan perdamain yang senantiasa berada membantu PBB menjaga perdamaian disana. 

Akibat peristiwa tersebut telah dirasakan sampai ke kepulauan Cyprus yang jaraknya ribuan kilometer dari Lebanon. 

Sebuah gudang di pelabuhan Beirut tersebut telah 6 tahun menyimpan bahan peledak tersebut Amonium Nitrat. Diperkirakan berjumlah hampir 2750 ton bahan kimia berada disitu.

Menurt saksi mata secara tiba tiba terdengar bunyi seperti bom atom meledak dekat pelabuhan dan menyebabkan asap berwarna merah kehitaman, sementara yang melihat dari laut melihat bagai kepulan uap air membentuk bola putih menyelimuti lokasi kejadian.

Apa Yang menyebabkan terjadinya ledakan

Beirut sesudah gudang AN meledak
Sejauh ini belum ada kleterangan apa penyebab terjadinya ledakan gudang baham kimia tersebut.

Setahu saya kalau kerja ditambang dulu bahwa peledakan material waste dan ore mempergunakan Amonium Nitrat, akan tetapi ditambah dengan Fuel Oil (minyak solar) dan dengan bahan lain sebagai peletupnya.

Cuma kalau didalam gudang yang tersimpan lama boleh jadi terjadi situasi yang mampu membuat meledak. Sebab itu gudang bahan ANFO bisanya ada persyaratan nya dan harus di sahkan kepada dinas inspektur tambang.

Bahkan untuk keamanan gudang , maka pemegang kunci gudang HANDAK itu biasanya 3 orang, pihak peledakan, pihak management, pihak pimpinan operasi tambang. Hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Nah kalau semacam gudang super besar seperti di Beirut ini, ya tentu sudah melalui prosedure yang umum dan dapat dipercaya.

Turut berduka bagi yang meninggal semoga yang sakit segera sembuh dan Beirut kembali aman damai sehingga dapat bersosialisasi secara normal kembali.

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel