Hiduplah Indonesia Raya

Ketika saya masih kecil rasanya mudah sekali hafal ketika pak guru memberikan pelajaran menyanyi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" . Waktu itu masih kelas satu SD di desa pula. Meski masih SD klas satu, namun menyanyikan lagu kebangsaan itu langsung bersemangat, seperti layaknya dalam paduan suara orang dewasa. Pasalnya pak guru sangat pandai memberikan ketukan ketukan dan aba aba dalam irama semangat kepada kami di klas.


Saya ingat kemudian di dalam upacara bendera , kebetulan saya berdiri paling depan karena tubuh terkecil waktu itu. Dan guru piket kelilingi kami , memberikan aba aba dengan semangat pula, ya kami sudah hafal dan diberikan semangat menjadi pas... suatu koordinasi yang sempurna.

HUT KEM RI 75

Sekarang 17 Agustus 2020 adalah hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Tidak terasa umur kemerdekaan sudah angka 75, kalau diibaratkan umur manusia ya sudah tergolong tua. Ya sudah.

Nah kalau begitu sudah tua, apakah juga tua negri ini, saya harap Indonesia tetap berjiwa muda, bersemangat muda, bergaya muda, bergerak seperti anak mud, maju terus seperti generasi muda juga maju.

Sebagai sebuah negara yang sudah mempunyai usia cukup dewasa tentu sudah banyak pengalaman hidupnya. Besar dari sebuah perebutan kemerdekaan melalui suatu perjuangan yang keras , perang melawan penjajah yang hanya bermodal bambu runcing, maka menjadikan bangsa Indonesia terbentuk kharakternya. Ada jiwa pejuang selalu membara di dalam hati setiap insan.

Setiap ada peringatan hari kemerdekaan , selalu ada pengingat atau yang membuat ingat akan kepahlawanan berjuang melawan penjajahan di masa lalu. Inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain yang memdapatkan kemerdekaannya dari meja perjanjian damai.

Maka sampai sekarang dapat disaksikan diorama perjuangan para pahlawan, seri drama kepahlawanan dan sendratari atau pertunjukan dalam memperingati hari KEM RI 75 ini.

Melalui hari hari di bulan Agustus ini penuh dengan acara , sayang karena situasi sosial distancing , perayaan HUT KEM RI ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Meski tetap lah semua merasakan kemeriahan hari hari yang selalu dibanggakan seluruh rakyat Indonesia.

Banyaklah Ciptakan Lapangan Kerja Ya Generasi Maju
Melewati usia yang ke 75, kalau yang sudah bekerja tentunya sudah masuk ke masa pensiun. Tapi tidak begitu untuk usia kemerdekaan. Justru semakin bertambah maju dan bertambah keyakinan menjadi sebuah negara maju dan negara besar.

Jangan hanya berpangku tangan, hayo singsingan lengan bajumu, turun padang untuk bersatu bersama sahabat , teman dan kolegamu untuk menjadikan negara Indonesia menjadi Negara Maju. Keluarkanlah ide idemu, inovasimu dan kreatifitasmu dalam segala usaha dan karya.

Apapun usaha dan karyamu  adalah prestasimu, ciptakanlah , buatlah sesuatu yang membuatmu maju...maju dan maju.

Apakah kriteria negara kita maju?

Banyak industri kah?

Banyak pabrik berdiri disekitar rumah kah?

Banyak yang punya mobil mewah kah?

Banyak rumah mewah kah?

Banyak pergi ke luar negri kah?

Ukuran maju suatu negara kira kira bagaimana ya? menurut saya kalau disebut negara maju itu tentu negara itu mempunyai pendapatan perkapita cukup tinggi dan nilai inflasi negara boleh bersaing.

Makna negaraku maju, bagi saya sebagai awam menilai bahwa nak anak dapat bekerja dengan tenang yakin kantornya maju dan hidupnya sejahtera. Tidak ada PHK karyawan, kurang pengangguran, aman kehidupan, ada daya beli pada diri individu masyarakatnya.

Nah, sekarang bagaimana menurutmu kalau dilihat dari kriteria diatas?

Atau punyai kriteria sendiri tentang sebuah negara disebut sudah maju?

Mari bersama sama membuat [kira kira atau pandangan tentang negaraku sudah maju.


Negaraku sudah maju

Menurut ungkapan dan kalimat sebutan maju itu merupakan sesuatu yang tidak tertinggal.

Nah kalau sebuah negara disebut maju ya tentu negara tersebut tidak ketinggalan. Dalam hal apa tertingalnya sebuah negara? banyak sektor untuk menilai hal ini.

Pastinya perekonomian, dan ini diukur pendapatan perkapita masyarakat.
Juga Perindustrian, dapat mengelola industrinya secara mandiri.
Juga Sosial dan budaya, mempunyai kharakter sendiri budaya dan sosialitanya tidak ikut ikutan dari negara lain.

Dari tiga hal tersebut kalau dapat diwujudkan  dimasa kedepan ini , sungguh negaraku menjadi disebut maju. Sekarang masih menuju....insya Allah akan sampai kesana.

HUT KEM RI 75 adalah momentum bagi gerakan hayo kita bisa maju Indonesia kamu bisa.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel