Berkah Minum Susu Sejak Kecil

Susu Omega 3 bagus untuk bayi
Banyak orang tua menginginkan anaknya menjadi champion, berotak cerdas, kreatip dan besar nanti menjadi anak yang pandai di kelas , kelak menjadi orang sukses setelah bekerja. Itu Normal dan biasa, tetapi kalau ini berkah minum susu sejak kecil ini luar biasa. Karena dia juga melakukan hal yang istiqomah telaten menjalani dan pada akhirnya membawa berkah.

Berkah itu dapat berbagai macam yang dapat dirasakan oleh sang baby atau anak atau putra putri kita: menjadi sehat walafiat, menjadi cerdas bijak dalam berpikir, menjadi aktif dan kreatif dalam perilakunya dan diharapkan kelak menjadi orang yang sukses dalam bidangnya. Luar biasa cita cita para orang tua, Insya Allah di jabah Yang Maha Kuasa.

Saya teringat ketika masih kecil dulu, nenekku selalu membawakan susu untuk saya dan kakak  , sambil mengintroduksi cucunya tentang perlunya minum susu dan makan yang bergizi supaya nanti menjadi juara kelas, konon begitu. Ada lagi kalau orang sedang memberikan minum susu kepada baby, dengan diselimurkan ada kucing, ada bintang , ada kupu kupu segala  macam cara supaya anak babynya mau minum susu. Ini suatu upaya orang tua, untuk masa depan anak kelak.

Apa yang mendasari seakan susu dapat merubah nasib seseorang menjadi champion dan anak yangcerdas bin pintar , juara dikelas, menjadi sukses ketika bekerja dan jadi orang lah intinya.

Semua itu mengingatkan perjuangan yang tiada terkira dari orang tua sehingga berbagai cara dilakukannya. Ya menyuapi makanan, ya meneteki susu ibunya, ya memberikan pelajaran , ya mengajari berperilaku berbudi dan berbuat baik. Ini semua adalah memang fitrah bagi semua kluarga, sedang anak menjadi titipan dari Allah swt untuk kedua orang tuanya.

Betapa yang dikerjakan oleh kedua orang tua jaman kecil dulu itu menjadi titik tolak masa depan anak anaknya. Sebut saja yang anak anak cerdas hampir semua pernah atau bahkan selalu makan dan minum yang bergizi.

Bryan Roche, Ph.D., seorang psikolog perilaku, memiliki beberapa nasihat berbasis ilmiah yang sangat bagus. Dalam posting blog populer di situs web Psychology Today, dia menjelaskan beberapa tip untuk membantu semua orang dari segala usia meningkatkan fungsi otak. Dalam prosesnya, ia merujuk pada studi yang menunjukkan bagaimana tiga perubahan sederhana dapat meningkatkan IQ anak dan meningkatkan kinerja akademis mereka. Ini semua adalah perubahan kecil yang tidak memerlukan biaya banyak dan mudah dilakukan oleh setiap orang tua yang mengasuh anaknya.

BabySleepMiracle

Ada beberapa hal antara lain:

Anak anak diberi asam lemak Omega 3. Minyak ikan dan sumber Omega 3 lainnya sebagai sesuatu yang harus dilakukan oleh orang dewasa yang lebih tua untuk menangkal penyakit kardiovaskular. 

Tetapi Omega 3 sebenarnya meningkatkan fungsi otak pada anak-anak, dan semakin dini mereka mengonsumsinya, semakin baik. Itu ada dalam ASI, dan ibu yang menyusui bayi setelah beberapa minggu pertama kehidupannya menyediakan Omega 3 untuk bayinya, demikian Roche menulis.

Omega 3 tidak ditemukan di sebagian besar susu formula bayi. Itu sangat disayangkan, karena penelitian secara acak dan terkontrol menunjukkan bahwa bayi yang diberi susu formula yang diperkaya dengan Omega 3 memiliki IQ lebih tinggi daripada mereka yang diberi susu formula biasa bahkan pada usia 4 tahun. 

Tampaknya peningkatan fungsi otak yang didukung Omega 3 saat kita sedang bayi bisa menjadi manfaat yang bertahan sepanjang hidup kita.

Di luar masa kanak-kanak, Roche merekomendasikan agar anak-anak mulai makan ikan sedini mungkin, serta brokoli dan bayam. Kekurangannya adalah ketiga makanan tersebut dapat menyebabkan pertempuran jika Anda mencoba membuat beberapa anak memakannya. 

Untungnya, kenari, blackberry, raspberry, dan stroberi adalah sumber Omega 3 yang sangat baik, begitu juga dengan blueberry. Anda juga bisa membeli susu yang telah difortifikasi Omega 3 - rasanya sama dengan susu biasa. 

Roche juga merekomendasikan banyak protein karena mengandung asam amino yang mendukung fungsi otak.
 
Bicaralah dengan mereka dan bacakan untuk mereka."Semakin banyak percakapan yang dilakukan dengan anak anak, mereka akan semakin cerdas," tulis Roche. Memainkan permainan mengajar sederhana di sepanjang jalan, misalnya meminta mereka untuk memberi nama atau menghitung benda, akan meningkatkan kecerdasan mereka lebih jauh lagi.

Maka kebiasaan di desa menimang bayi sambil digendong gendong dengan selendang panjang sudah menjadi turun temurun sejak nenek moyang, mungkin ini ilmunya.


"Dapat meningkatkan IQ anak enam poin hanya dengan melakukan nya selama beberapa tahun ketika mereka masih muda," tulis Roche. Mulailah sedini mungkin, tambahnya. 

Bukti menunjukkan bahwa, meski masih bermanfaat, tidak akan mendapatkan manfaat sebesar jika  memulainya setelah anak berusia empat tahun.

Membacakan untuk anak-anak juga sangat bermanfaat. "Anak-anak yang orang tuanya membacakan untuk mereka hampir setiap hari memiliki IQ yang lebih tinggi," tulis Roche. 

Ini terutama benar jika menjadikan membaca sebagai proses interaktif, bukan proses yang hanya didengarkan oleh anak. Gunakan suara dan emosi yang berbeda saat membaca dan lihat yang paling disukai oleh anak. Ajukan pertanyaan untuk memastikan anak  memahami cerita, seperti "Menurut  apa yang dia pikirkan?" atau "Menurutmu, apa yang akan terjadi selanjutnya?"
 
Diharapkan mereka untuk menjadi pintar. Ini adalah taktik yang sederhana, dan banyak orang tua mungkin tidak tahu betapa besar perbedaannya. Dalam sebuah penelitian inovatif yang disebut "Percaya kah kamu Bisa Menjadi Lebih Cerdas Membuatmu Lebih Cerdas", psikolog mengajarkan kepada siswa bahwa kecerdasan bukanlah kualitas yang tetap, tetapi dapat diubah dan dapat ditingkatkan. Yang mana memang benar.

Sewaktu kecil sering saya ditanya oleh pak guru , kalau nanti besar mau jadi apa, ternyata suara itu seolah memicu pikiran anak menjadi penggerak cita citanya menuntun dunia pendidikan kelak ketika dewasa. Betul juga ya.


Mereka menemukan bahwa siswa yang menerima pesan ini berkinerja lebih baik secara akademis dan menganggap akademisi lebih serius daripada mereka yang tidak. 

Bagi orang tua, temuan ini menunjukkan arah tindakan yang jelas. Beri tahu anak-anak bahwa mereka pintar, harapkan mereka menjadi pandai, dan pastikan mereka tahu bahwa mereka bisa lebih pandai di esok hari daripada hari ini, dan lebih pandai lagi di hari berikutnya. 

Yakinkan mereka bahwa ini benar. Karena, jika  melakukannya, itu akan terjadi benar benar. 
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel