Hati Hati 3 Wabah Penyakit Disekitar Kita

Kesehatan adalah nomer satu, kesehatan adalah mutlak diperlukan, kesehatan adalah Rahmat, Kesehatan adalah Rezeki, Kesehatan adalah anugrah Allah, Kesehatan merupakan bagian dari kehidupan manusia di manapun berada. 

Hati hati 3 wabah penyakit disekitar kita, yaitu adalah Demam Berdarah, Malaria dan Corona .  Ketiga nya sedang melanglang ke seantero jagad sampai ke pelosok Indonesia dan tidak pilih pilih siapa yang hendak dia hinggap.

Maka hendaknya kita super ekstra hati hati dalam menghindari ketiga penyakit tersebut. Untuk itu sebaiknya secara basik perlu mengenal penetahuannya tentang apa penyebab dan bagaimana penyakit itu menular.

Demam Berdarah Dengi (DBD)

Aedes Aegypti si nyamuk DBD
Adalah hewan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa bibit penyakit ini dari hasil menyedot darah penderita dan terbang membawa nya kemudian menggigit tubuh yang sehat.

Nyamuk ini aktif  mencari mangsa pada pagi pagi dan sore sore hari, jadi siang panas terik matahari dia ngumpet. Dia tinggal di tempat berair yang berupa semacam pot, ban bekas, batok kelapa, plastik kantong, ember bekas dan sebangsanya yang airnya tidak langsung bersentuh tanah. Jadi dicomberan malah tidak hidup.

Nah kalau sudah menggigit maka masa gejalanya bisa 3 sampai 4 hari badan jadi demam menggigil sampai keluar bintih bintik darah pada kulit.

Sel darah merah kadarnya semakin berkurang bila penderita tidak tahan dan turun dibatas minimum ya pasien tidak tahan lagi. 

Obatnya ada sih, di rumah sakit terdekat mampu mengobati DBD ini, akan tetapi penyakit ini kalau satu terserang , maka yang terdekat lainnya harus extra ketat hati hati, jaga gizi, jaga sehat.

Malaria Tropika (MT)

Nyamuk Anopheles penyebab Malaria
Penyakit yang satu ini suka sekali mendatangi sesiapa yang sering digitit nyamuk . Adalah nyamuk Anopeles yang membawa penyakit malaria ini. Kalau sudah diserang maka penderita akan berasa demam tinggi sampai 3 hari dan terus secara periodik setiap malam atau pagi atau siangnya.

Ini sudah ada obatnya di rumah sakit terdekat kamu, obatnya pil Kina, Kinine atau dulu cukup terkenal dengan ramuan mengandung Sambiloto , yang pahit super pahit.

Penyakit Malaria ini sering membawa penderitanya mengigau saking panasnya membuat otak terganggu, jenis Malaria Tropika.

Pengalaman saya ditempat kerja dulu ditengah hutan belantara, sering terjadi kawan terkena penyakit ini, dan hanya dibawa ditandu keluar tinggal diklinik sampai sebulan baru balik lagi kerja. Namun sesungguhnya penyakitnya baru benar benar hilang dari darah sekitar enam bulan kemudian. Kata paramedik klinik dulu.

Corona (Covid-19)

Corona Virus si pembawa pandemi dunia
Penyakit ini yang sedang melanda pandemi diseluruh dunia termasuk Indonesia, yang sedang berjuang melawan musuh keasehatan badan ini.

Asal ditemukan pertama di Wuhan, China dan sehingga sekarang belum ada obat yang pasti thok cer. Percobaan test ada tentu , akan tetapi secara resmi belum pernah dengar apa obat penyakit corona virus ini.

Gejalanya tidak nampak jelas penularannya melalui "droplet infection" air liur penderita yang dikeluarkannya melalui mulut, hidung, batuk atau tangan nempel dimana mana saja.

Setidaknya ciri ciri penyakitnya sudah diketahui pasti , ya gangguan pada selaput pernapasan. Penderita mengalami inkubasi selama tiga hari dan kalau dapat bertahan sampai 14 hari penyakit ini akan lemah pergi dari tubuh.

Sebaiknya untuk menghindari penularkan jangan ada kontak langsung dengan si penderita atau pasien. Karena batuknya kan mengeluarkan bercak air , dan itu membawa virus bibit penyakit tadi.

Hanya butuh kesadaran tinggi dan disiplin tinggi untuk mengerti dan memahami aturan protokol petugas dan pimpinan disekitarmu yang pasti akan membawa ke kebaikan.

Awas jangan pernah melanggar yang sudah ditetapkan protokoler atas wabah pandemi Corona ini.

Ingat Quran Surah Anam 59:

"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)" [Al An'am:59]

Semua yang ada terjadi di selurh jagad semesta alam ini tidak akan lepas dari Allah ta ala, so hendaklah merujuk kepadaNya lagi untuk meminta obatnya, minta tolong penyembuhannya. 

Meski begitu usaha untuk mencari dokter dan paramedik sangat lah tepat sebagai bagian dari usaha tadi yang hasilnya kita serah kepada Yang Maha Penyembuh. Allah swt.

Apa Yang Dapat Dilakukan

Sebagai manusia tentu kita tidak tinggal diam, usaha prefention perlu dilakukan, sehingga ada gerak dan laku yang patut dilaksanakan.
  1. Jaga kebersihan lingkungan, sampah, area kumuh, kurang kena matahari, area becek berair, dinding yang lembab. tanaman dahan yang rimbun kotor penuh  nyamuk.
  2. Selalu membersihkan diri , cuci tangan, cuci kaki, cuci muka semacam ambil wudlu, bukan saja mau solat tetapi setiap habis melakukan hal yang bersentuhan dengan benda kotor. Misal angkat tempat sampah, nyapu halaman, ngepel lantai, membasuh lantai dan semacamnya.
  3. Cukupkan jaga sehat dengan istirohat dan selalu ambil gerak olah raga fisik dan jiwa.
  4. Makan makanan sehat bersih bergizi cukup.
  5. Jangan begadang yang tak perlu
  6. Jaga jarak aman
  7. Pakai masker
  8. Jangan banyak berkumpul
  9. Kalau tak perlu jangan kluar
  10. Banyak memohon kehadirot Allah ta ala. 
Insya Allah sembuh dan sehat bugar kembali. Yang baik itu datang dari Allah swt, yang kurang mohon dimaafkan dari saya sendiri. Salam sehat selalu, jaga sehat salam sejahtera. 
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel