Festival Sapi Iedul Adha di Pakistan

Unta Qurban dihiasi dengan pernak pernik warna warni
Hari Raya Qurban merupakan salah satu hari yang paling penting dalam kehidupan umat Islam di seluruh dunia, bukan hanya di Arab atau di negara negara muslim saja.

Nah di Pakistan ada yang menarik perhatian saya, yaitu sebelum hewan qurban itu akan di potong maka diadakan satu festival dengan menghiasi Sapi , Domba bahkan Untanya dengan pernak pernik hiasan kalung monte monte sehingga menjadi suatu festival sekejab dalam situasi Hari Raya Qurban.

Sedang soal urusan sembahyang dan urusan syariat semua sama, Islam di seluruh dunia mempunyai kesamaan syariat bersembahyang Iedul Adha. 

Tentu karena adanya pandemi dimana mana , maka dilakukan protokoler tatacara melakukan ibadah solat Iedul Adha. Ini tentu hal biasa, namun hal festival hewan qurnban itu jarang saya jumpai di sekitar saya.

Unta dulu baru Sapi dan Domba

Sapi Qurban di Pakistan dengan kalung hiasan untuk festival
Pada umumnya orang orang yang mampu berusaha ber Qurban Unta utamanya, baru Sapi dan baru Domba. Meski semua nya dilakukan festival dengan pernak pernik hiasan menarik.

Bukan hanya saling besar besaran akan tetapi juga
Domba Qurban di Pakistan
keindahan dari pada hiasan yang dikenakan pada hewan qurban tersebut. Unik sungguh ini kalau dilakukan di sini. Banyak menarik penonton.


Sudah Diperintahkan Allah melalui Al Quran bahwa pelaksanaan Qurban ini hendaklah dilaksanakan.

Ingat AL Quran Surah Al Hajj ayat 34:
 "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), [Al Hajj:34]

Ingat AL Quran Surah Al Hajj ayat 36-37:


"Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. [Al Hajj:36]


"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. [Al Hajj:37]

Lomba Sapi, Domba Qurban Sebuah Inspirasi

Di negri sendiri juga ada semacam festival, tetapi lebih dikenal dengan lomba sapi qurban. Umumnya yang  dilombakan adalah berapa beratnya, baik hewan sapi maupun Kambing qurban.

Nah bagaimana kalau ini sebuah ide atau inspirasi diadakan festival sebelum hewan itu dipotong sebagai hewan qurban.


Sebuah Inspirasi saja


Hah apa tidak ruwet jadinya, ya tentu ada cara dan syaratnya , misalnya:
Inspirasi syarat festival Iedul Qurban:
  1. Setiap Masjid diwakili satu atau dua ekor hewan qurban saja, di hiasi dengan perhiasan seni dan tidak mahal, namun menarik, indah , menjadi tampak gagah, meriah , menarik .
  2. Di adakan sampai level Kabupaten atau Kota madya , Kecamatan atau , kelurahan saja.
  3. Sekaligus menjadikan sarana dakwah dengan promosi wisata lokal di mana mana tempat
  4. Lokasi dilakukan di lapangan Masjid Besar atau Lapangan Masjid Agung misalnya. Atau kalau gak ada di tanah yang lapang , namun bersih.
  5. Membuat menarik pengunjung , tetamu atau warga setempat.
  6. Dipimpin oleh panitia yang bersama dengan pemerintah setempat, sekaligus untuk memberikan dakwah agama atau pesan pemerintah
  7. Waktu dibatasi tidak terlalu lama, setengah hari saja karena orang segera mau mengurus kegiatan ibadah potong hewan qurban
  8. Hadiahnya semacam pergi umroh atau sesuatu untuk masjid .
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel