Hagia Sophia Contoh Majunya Architech

Bangunan Hagia Sophia di tanjung emas kota Istambul
Kalau mengenal lebih jauh tentang bangunan Masjid Hagia Sophia di Istambul Turki , maka hal yang akan menjadi pertanyaan kemudian setelah pulang adalah siapa architechnya? 

dan banyak pertanyaan lainnya bagaimana structure bangunan itu? 

Tahan kah terhadap gempa? 

dan banyak lagi pertanyaan akan muncul dari pikiran maju anda.

Saya hanya orang awam, saya bertanya dalam hati bagaimana pada jaman dulu itu sudah terpikirkan membangun ukuran structure yang berbentuk kubah yang mana belum ada sebesar itu.

Adalah orang cerdik arsitek bernama Anthemius dari Tralles dan Isidorus dari Miletus yang telah membentuk struktur yang unik tersebut, dengan menggabungkan inovasi arsitektur dan struktur pengaturan, yang mengejutkan pada pandangan pertama setiap pengunjung.

Dia dapat melihat bangunan yang mulai dibangun fondasinya pada 325 Masehi ini oleh Kaisar Konstantin 1  dan telah menjadi saksi bisu banyak acara termasuk penobatan mahkota kerajaan Bizantium .

Awalnya hanya sebuah kuil, namaun pada Kaisar kedua Konstantin 2 , mempergunakan bangunan ini menjadi sebuah gereja bahkan Katedral yang besar di seantero Konstantinopel. Tahun 360 masehi.

Sayangnya pada 532 Masehi bangunan ini runtuh, lantaran daerah Marmera banyak gempa bumi dan struktur bangunan yang belum sempurna, secara fisik.

Isidorus dan Anthemius

Isodorus dari Miletus
Bagaimana dua perancang tersebut mempunyai ide dengan begitu gemilang pada masa itu tahun 532. Kan konstruksi dari 532 sampai dengan 537.

Dalam keadaan banyak kerusakan pada bangunan Gereja tersebut, maka diua orang yang tadinya ahli matematica dan phisika kemudian terminat untuk mempelajari kesalahan yang terdapat pada bangunan nan besar megah ini.

Maka dia pelajari secara detail satu persatu , apa yang sebaiknya dia lakukan untuk membangun kembali sebuah Hagia Sophia atau Ayasophia.
Anthemius dari Tralles

Kedua orang hebat ini telah memikirkan untuk membangun sebuah kubah dengan ukuran yang sangat besar diameter mencapai puluhan meter = 31,3 m. sedang tinggi kubah 55 m. Wauw ...cukup sangat besar.

Meski masih dibawah besarnya kubah gereja katedral di Florence Italia yang 54,8 m dan diameter dalam 45,5 m. Wowwww

Namun pembuatan struktur kubah bangunan hagia sophia ini sudah terbukti dapat bertahan sampai 1000 tahun lebih , meski banyak gangguan gempa di sekitarnya selat Marmara sana.

Membuktikan bahwa pada masa lalu kemajuan pengetahuan tentang struktur fisik bangunan sudah maju. Hagia Sophia contoh majunya architech.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel