Memanfaatkan Barang Bekas

Sering kita mendengar soal memanfaatkan barang bekas, tetapi belum pernah sekali untuk benar benar melakukan ayat tersebut sehingga sampai ke satu tahap industri yang membawa penghasilan. Memanfaatkan bkarang bekas, nanti dulu dilihat apakah itu barangnya, bagaimana kemanfaatannya, berbahaya apa tidak, aman atau tidak. Bukan semua barang bekas dapat di manfaatkan.

Kalau ayat di atas boleh di tambah dengan "dengan aman" nah itu boleh sekali. Atau pun konteks nya di artikan sebagai memilih untuk memanfaatkan barang bekas. Nah itu bisa jadi.

Sekadar sampai tingkat kecil kecilan, namun lumayan hasil nya sudah banyak di kenal di masyarakat. Misalnya pot tanaman dari barang bekas, ban bekas, keramik bekas, pocelain bekas, tali plastik bekas.

Saya salut bin acung jempol bagi yang telah melahirkan benda baru dari pada barang bekas . Ini orang susah dicari, tentu dia punya kelebihan kreatifitas , bahwa dari ide ide nya itu, telah disulap yang bekas menjadi benda baru bermanfaat lagi. Dia lah orang yang di saya Yang Maha Kuasa.

Al Quran Surah At Taubah 9.105:

"Dan Katakan (Muhammad): Bekerjalah kamu , maka Allah dan Rosul Nya serta orang orang beriman akan melihat apa yang kamu kerjakan dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang Mengetahui perkara perkara yang ghaib dan yang nyata kemudian Dia mengatakan kepada kamu tentang apa yang telah kamu kerjakan".

Mengutip ayat diatas sudah teranglah bahwa bagi siapa saja yang mau berkrja keras akan mendapat balasan dari Yang Maha Kuasa.

Jadi pendapat saya , bahwa ada satu ide yang kemudian terus dikerjakan untuk berhasil menjadikan suatu benda baru yang berharga. Itu baru yang namanya BRILIAN. 

Sungguh mereka yang telah menemukan ide saya salut. Semoga mereka berhasil dan barokah.

Apa saja barang bekas yang dapat di manfaatkan kembali, maka simak tulisan berikut ini:

1. Kaleng bekas : 

Kaleng bekas ternyata dapat dimanfaatkan sebagai suatu benda yang menarik dan masih menjadi ada nilai guna nya. Banyak kerajinan tangan buatan yang dibuat berbahan dasar dari kaleng bekas.

Contoh :
  1. Lampu Penerangan cantik
  2. Kaleng tempat obat nyamuk bakar
  3. Vas bunga cantik
  4. Pot tanaman cantik
  5. Hiasan dinding cantik
  6. Mainan anak anak

2. Kayu bekas :

Barang bekas yang masih bernilai yaitu kayu adalah jenis kayu yang masih dapat di olah kembali menjadi papan, misal untuk membuat daun jendela, meja belajar, juga daun pintu.
Satu buah rumah kuno lama yang dibongkar banyak barang bekasnya, misal kayu jati tiang , atap, genting dan barang furniture lama lainnya. Hal ini akan dirubah menjadi  barang bentuk baru yang lebih menjual.

Membangun rumah kan mahal kalau semua kayu baru, maka carilah kayu bekas di "Bongkaran" , pilih dulu yang kwalitas bagus (Jati, Kamper, Kruing) yang dapat di manfaatkan kembali untuk rumah baru mu. Biasanya harganya sangat jauh dibanding dengan yang baru . Nah ini akan sedikit membuatmu memilih dan teliti sebelum membeli. 

Bahkan kayu bekas sisa penebangan masih dapat di gunakan sebagai meja atau kursi antik yang mahal nilainya

3. Keramik Bekas:

Dari pecahan keramik yang hanya dibuang saja, masih dapat digunakan untuk membuat pot tanaman yang cantik menarik. Harganya pun jadi lebih mahal dari sekedar pot tanah liat.

Meja mosaik juga dapat menjadi alternatif manfaat barang bekas ini. Tentu  dengan tambahan lain semen misalnya dan sentuhan seni pula.

Tidak ada yang mustahil kalau kamu ada idea , selalu ada jalan untuk membuat benda yang  masih berguna meskipun asal dari barang bekas.

4. Kaca Bekas :

Nah satu lagi dari kaca bekas banyak di manfaatkan sbagai bagian kerajinan tangan. Misalnya lampu , hiasan dinding juga, untuk pagar.

Bukan saja dibuang begitu saja barang kaca bekas ini, banyak daur ulang untuk menjadi suatu benda baru yang masih bernilai.

5. Besi Bekas :

Untuk barang bekas berupa besi, sudah banyak dipergunakan orang sebagai peralatan macam macam. Misalnya jadi pagar, jadi alat dapur, jadi lukisan kolase, jadi lampu antik, jadi mainan anak anak, jadi benda lain masih mudah dari besi bekas.

6. Plastik Bekas :

Ada lagi yang telah menghasilkan karya luar biasa. Kali ini ibu ibu membuat tas belanja ke pasar dari tali bekas packing barang. Nah kemudian di anyam sehingga membentuk benda baru. Tas, dompet , tempat tissu.

Lain lagi dari plastik dijadikan tempat pensil, tempat bunga meja, hiasan dinding, lampu gantung dan banyak lagi.

7. Ban Bekas:

Kalau ini hampir banyak dikenali, Adalah kreator ban bekas menjadi ember, menjadi pot bunga dan menjadi kursi taman. 

Banyak ditemui di jalanan kalau pot di trotoar dibuat dari ban bekas.  Meski demikian ukurannya cukup sesuai dengan ban dan tanaman yang ditancap jenis tanaman bunga. 

Ada juga sandal dari ban bekas.  Saya pernah lihat slipar dari ban ini dapat digunakan untuk basah basah tidak rusak rusak.

Baca Juga Blog Post Berikut :

https://kerajinanbarangbekas.wordpress.com/2015/03/24/aneka-kerajinan-tas-unik/
https://rubyruthy.blogspot.com/2019/05/potong-pucuk-tin.html
https://berkah156.blogspot.com/2019/09/soto.html

https://rubyruthy.blogspot.com/2019/04/viral-buah-tin-di-indonesia.html


Beberapa Blog Yang Menulis Pemanfaatan Barang Bekas :

  1. Blog tentang barang bekas di sulap jadi hiasan dinding
  2. Blog tentang kerajinan tangan dari bahan barang bekas
  3. Blog tentang kreasi tangan dari spare part bekas
Cukuplah untuk menjadi pemacu semangat kamu untuk bergerak dari sekarang, manfaatkan barang bekas di sekitar kamu dahulu.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel