Gempa Bumi Guncang NC Amerika

Gempa berkekuatan 5.1 mengguncang NC barat laut, North Carolina Barata Laut.
Gempa Bumi di North Carolina , Amerika Serikat

Gempa berkekuatan 5,1 dengan pusat gempa di Sparta mengguncang sebagian besar wilayah barat laut dan tengah N.C. Minggu pagi 9 Agustus 2020 termasuk pemandangan ini dari salon rambut dan asah di Sparta. Oleh River Brooks

Baca lebih lanjut di sini: https://www.newsobserver.com/news/local/article244834477.html#storylink=cpy

Demikian saya kutip dari sumber tersebut diatas, sebagai pengetahuan saja.

Gempa juga banyak terjadi di Indonesia


Mengapa hanya menulis gempa di Amerika, sedang di Indonesia juga sering terjadi, kok.....iya kan.

Betul di sini sering terjadi gempa bumi, bahkan merata hampir di seluruh wilayah dari Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku, sampai wilayah Papua.

Gempa di Amerika itu telah memberikan inspirasi saya ketika baru saja membuka berita tentang trending news di sana dan di sini. Sekaligus menginspirasi tentang banyak hal berhubungan dengan alam semesta ini.

Bagi seorang ahli pakar dalam bidang kebumian dan geofisika mendengar atau bahkan dirinya merasakan gempa mungkin sama hal dengan mendengar cerita masakan sate atau minuman tea ice. 

Akan tetapi saya seorang awam hanyalah tahu bahwa hal itu membawa bahaya atau bahkan bencana alam. Kenapa bisa terjadi? Kenapa tidak bisa di cegah? Kenapa tak boleh di arahkan?

Saya ingat kalau dulu waktu ngaji agama, pak ustadz cerita kalau bumi ini dicipta Allah , Sang Khalik dalam enam masa. Kemudian bumi dan langit dipisahkan, langitnya ditinggikan  tanpa tiang.

Kemudian bumi yang satu di pisah pisahkan untuk kehidupan ciptaan Allah lainnya yaitu Manusia dan seisi bumi ini.

Nah disinilah kalau saya pahami setelah sekarang banyak membaca tentang Teori "Plate Tectonic" , dimana kulit bumi ini terdiri dari suatu lempeng lempeng yang saling bergerak satu dan lainnya.

Jika lempeng lempeng itu bertabrakan , maka disitulah yang sering kita sebut sebagai "Earth Quake" , kalau dikampong saya nama kerennya "Lindu"

Nah sekarang sedang terjadi di kulit bumi dibelahan dekat rumahnya pak Donald Trump, mungkin nanti bisa yang bergerak di dekat rumah kita. wa udzubikahi mindzalik. Ya Allah tolong ya Robb.

So jangan terlalu banyak bertanya kok bisa bergerak, lah lebih lanjut kalau tidak bergerak maka, itu yang ada di dalam sana ada cecair yang namanya magma (maaf bukan "MAGMA GAMA") .

Nah kalau kulit bumi yang berbentu lempeng itu tidak bergerak, nanti jadi tidak seimbang, maka jadi keluar cecair magma tadi melalui lubang yang disebut "Volcano" atau gunung berapi. 

Yang keluar kalau malam nampak warna merah meleleh dari kejauhan itulah magma sedang keluar dari lubang gunung berapai disebut lubang kawah "Kepundan".

Lebih lanjut kalau sudah diatas gunung ada hujan dan membawa hanyut material magma yang sudah dingin itu, maka menjadilah aliran lahar dingin, yang kadang juga masih hangat kalau yang dihanyutkan dari pucuk gunung.

kESEIMBANGAN EQUILIBRIUM 
Nah kalau begitu sudah ada gunung api kok masih ada gempa juga, katanya kalau sudah ada yang keluar sudah tenang.

Bukan sebegitu ukuran tiada yang tahu kecuali Sang Pencipta. Kalau mau pendekatan agak agak ya begini tanyanya. Kenapa kok banyak gempa di Amerika itu seperti "Earth Quake in NC" ?

Nah ini mungkin masih bisa dijawab sedikit bahwa ya ada banyak gempa di Amerika mungkin karena gunung api aktipnya sedikit, atau tidak banyak muncul keluar cecair magma tadi, sehingga didalam bergolak golak mencari titik seimbangnya, dan saat gerak itulah gempa.

Jangan lah kira gerak sedikit sekian senci saja yang dirasakan sudah berskala Richter 5.2. Padahal didalam bumi mungkin hanya sedikit untuk ukuran Alam Semesta. So betapa Sang Pencipta itu...hanya dapat bertasbih dan SUBHANALLAH.

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel