Corona Virus Berdampak Resesi Ekonomi Iyakah

Italia Resesi
Corona virus merupakan satu wabah yang pertama ditemukan di Wuhan (China) dan telah menular ke orang lain di sekitar 188 negara di dunia. Corona virus berdampak resesi ekonomi iyakah? mungkin saja terjadi di negara negara besar dan sudah maju yang banyak terpapar dari pandemi Covid19 ini. Namun untuk sampai ke resesi ekonomi itu harus banyak dievaluasi kiranya, baik secara strategi ekonomi, industrial, sampai ke urusan politik barangkali.

Sebagai awam yang membaca perihal dampak pandemi covid19 ini dinegara lain , maka saya berpikir lantas di sana saja sebegitu dampaknya. Mungkinkah juga di sisni begitu. Semoga ini tidak sampai terjadi, mari banyak berdoa, segera selesai pandemi disini.

Membaca ulasan tentang ekonomi di BBC dari Bloomberg, bahwa di beberapa negara disebutkan mulai terjadi peningkatan pengangguran, harga saham turun, penerbangan turun, harga minya turun, dan yang tampak naik meningkat hanya segi obat obatan dan harga emas.

Kalau sampai sebegitu banyak seksi perindustrian yang menjadi sumber pendapatan sebagian besar masyarakat didunia mengurangi jumlah produksi dan otomatis berdampak pada pengurangan pekerja. Secara tidak langsung akan menambah jumlah pengangguran. 

Umumnya bagi negara yang mempunyai pendapat besar dari dunia pertambangan minyak sedang harga crude oil price dilihat turun jauh.

Sekto Industi Lesu
Sementara sektor industri juga lesu lantaran situasi kondisi pandemi ada banyak hal persoalan muncul, safety , protokoler, bahan baku tidak tersedia dan penjualan kurang,, nah faktor ini membuat pemilik perusahaan mengurangkan produksi dan mengurangi pekerja. Meski ada yang memakai jadwal sistim shift, gantian kerjanya seminggu off ,seminggu kerja. Kan kalau begini maknanya pendapatan turun atau produksi juga berkurang.

Kejadian ini saya alami sendiri , dampak pandemi Corona virus membawa akibat diputusnya pekerjaan diproyek dan tidak lagi ada konsultansi. meski bukan seorang saja mengalami hal ini, namun tentu masih banyak cerita lain dari akibat adanya wabah virus corona.

Namun sebagai manusia hanya bisa memohon dan banyak berdoa kepada Sang Pencipta manusia, Allah Yang Maha Pencipta , Sang Al Khalik. Pasti Allah mempunyai sesuatu tentang kejadian ini dan insya Allah segera menjadi lebih baik dan barokah bagi kehidupan, termasuk kita disini. amin


Memutuskan Resesi

Beberapa negara mungkin sudah menyatakan resesi ekonomi misalnya Singapura, Filipina, Amerika Serikat, Hong Kong, Jepang, Korrea Selatan, Jerman, Perancis dan Italia. Masing masing negara melalui evaluasi ekonominya sendiri, tentu proses yang cukup teliti dan sah, maka diputuskan resesi.


Apa alasan memutuskan untuk resesi, tentu semua ada dasar dan alasannya masing masing. Resesi dapat disebabkan banyak alasan : laju inflasi turun bahkan minus, pendapatan perkapita turun, banyak pengangguran, ekonomi tidak tumbuh dengan baik.

Kejadian Ini Kehendak Allah

Sebagai manusia yang lemah ini, hanya mengandalkan penghasilan dari bekerja dan usaha yang terdampak situasi ini. Namun mau bagaimana lagi , memang bisa berbuat apa untuk merubah keadaan, hanya Allah yang tahu kunci kunci untuk membuka tutup masalah semua orang.

Banyak yang saya inginkan tetapi nihil, konon di sana sedang resesi . 

Itulah kenyataan dan kita tidak boleh putus asa, hanya bisa doa, ya berdoalah memohonlah kepada hanya  Allah ta ala.

Quan suah Al Anam : 59




"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)"
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel