Hagia Sophia Perjuangan Yang Istiqomah

Istambul, Turki dan Hagia Sophia, Sekarang masjid
Keberhasilan dan barokah menjadikan masjid Hagia Sophia kembali aktif dipergunakan sebagai tempat peribadatan umat Islam merupakan suatu cerita sejarah yang panjang dan istiqomah. Coba saja sudah sekian lama 86 tahun tidak dipergunakan, bahkan saksi mata mungkin tinggal beberapa orang saja, kecuali yang usianya mencapai 90 atau 100 tahun tentu masih dapat ingat.

Nah kalau begitu , sungguh suatu kemustahilan kalau itu akan menjadi masjid kembali, menurut pendapat orang orang dijaman now.

Akan tetapi bagi Allah Aza wa Jalla, tidak ada yang mustahil, semua kalau Allah sudah berkehendak maka jadi terjadilah "Kun Fayakun" kata Allah.

Sebelum peristiwa bersejarah di hari Jumat 24 Juli 2020, banguan hagia sophia itupun bukan bangunan yang nganggur atau bangunan kosong tak berguna. Melainkan merupakan sebuah museum yang dapat dikunjungi umum.

Nah dengan menjadikannya kembali sebagai masjid yang aktif dipergunakan untuk solat , maka tambah satu keberkahan. Bagi dunia ini sekaligus merupakan sinyal adanya satu kuasa besar di atas kuasa manusia yang pernah dikenali. Yaitu Allah Aza wa Jalla. 

Loh ada apa dengan hagia sophia? banyak sejarah berhubungan dengan nama itu dan banyak sekali peristiwa tingkat dunia yang berkait dengan lokasi tersebut.

Termasuk keberadaannya Wali Songo di Nusantara, tepatnya tanah Jawadwipa adalah berasal dari Kebesaran kawruh atau pengetahuan agama dari pemimpin di sana di Turki pada masa itu. Yaitu masa kekaisaran Ottoman kedua.

Leluhur dari Muhammad Al Fatih lah yang dikenal mengirim utusan untuk penyebaran agama Islam sambil berdagang ke arah dunia Timur, mendekat ke Jawadwipa. Tepat nya di mendarat di Gresik.

Perjuangan Yang Istiqomah

Ya saya menyebutnya sebagai bentuk perjuangan yang istiqomah. Coba tengoklah sejarah. Sudah berapa kali percobaan menaklukan hegemoni kekuasaan Barat yakni kekuasaan Romawi, tidak pernah hasil.

Baik ke arah Romawi Timur maupun Romawi Barat, keduanya sangat kuat dengan kebudayaannya yang sangat maju pada jamannya. Oleh sebab itu menjadi simbol kota termaju di dunia.

Roma Barat adalah kota Roma, Itali , sedang Roma Timur adalah Nova Roma, atau yang dikenal Bizantium, atau lebih dikenal kotanya Konstantinopel. Tempatnya raja Konstantin.

Tidak heran kalau tempat ini sangat maju, banyak jalan dibangun secara terencana, perumahan rakyat sudah maju, taman kota, penerangan , pelabuhan bahkan sampai tata cara , tata krama kemasyarakatan terbentuk secara baik.

Disana tinggal orang orang yang mempunyai pendidikan tinggi. Bisa bayangkan antara Jakarta dengan di daerah desa misalnya ..Itulah saat dulu Konstantinopel

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel