Hand Wash

Salah satu hal baik yang dapat dilakukan dengan mudah bagi setiap insan untuk selalu  menjaga kebersihan adalah mencuci tangan "Hand Wash". Dengan kebiasaan ini maka suatu hal baik dalam satu kehidupan akan menjadi point penting dalam menjaga kesehatan dan lingkungan sehat.

Apa lagi di tengah situasi pandemi penyakit yang disebabkan oleh virus belakang ini. Sebut saja pandemi Covid-19 yang konon dapat ditularkan melalui bersentuhan dengan pasien, droped infection atau dengan memegang bekas pasien terkena , atau apa lagi yang dapat menjadikan kontak.

Kebiasaan mencuci tangan mungkin hal yang sederhana saja, ah sekedar cuci tangan , namun kalau dibiasakan dan menjadi habit yang diwajibkan , maka akan menjadi satu prevention terbaik:
Bagaimana cara melakukan cuci tangan :
  1. Cuci dan basahkan tangan dengan air 
  2. Gunakan sabun cuci tangan yang mengandung membunuh kuman
  3. Cucilah sampai lekuk jejari tangan kamu
  4. Juga sampai pergelangan tangan
  5. Semakin sering menjaga cuci tangan tentu semakin bagus
Lantas kapan harus cuci tangan dan melakukan kebersihan satu hal ini:
  1. Banyak hal harus selalu waspada dan ingat bahwa menjaga kebersihan rumah atau kluarga kita yang dicintai sangatlah utama. 
  2. Dari luar ke kedai, ke warung , ke Mart, Indomart, Alfamart atau lainnya sebelum memegang sesuatu di rumah cuci tangan dulu. Bahkan sebelum pegang stir mobil cucilah dengan antis atau pembersih lain alkohol dll
  3. Sampai dirumah jangan lupa cuci tangan gunakan sabun.
  4. Apalagi bagi ibu ibu yang baru ke pasar, memegang sayur dan lainnya.
  5. Cuci tangan dengan sabun sangat lah memberikan rasa preventif atas datangnya virus dan bakteri yang kita tidak dapat melihat.


Virus tidak terlihat


Semua jenis penyakit /wabah atau bencana sakit itu datangnya tiba tiba di rasakan oleh manusia. Karena memang bibit penyakit itu tidak dapat terlihat kasat mata.

Oleh karena tidak terlihat , maka yang menjaga adalah logika dan kebiasaan baik sehari hari kita. baik terhadap lingkungan kita hidup, dirumah diluar dan di mana saja.

Apa saja yang sebaik baiknya dilakukan :
  1. Jagalah kebersihan kamar , tempat tidur, tempat duduk , tempat santai
  2. Jagalah kebersihan halaman, teras dan balkon
  3. Jagalah kebersihan kamar mandi, dapur, tempat jemuran 
  4. Jagalah kebersihan taman dan tanaman.
  5. Jagalah kebersihan kebun.
Kenapa itu semua harus saya sebutkan meski sudah biasa diketahui. Ya betul semua orang sudah mengerti dan mengetahui. Namun ada juga bahkan banyak yang sebatas itu saja. Tidak melakukan kebersihan secara mandiri. Apalagi yang hanya bergantung kepada asisten rumah tangga.

Banyak hal kira kira dapat dilakukan kita sendiri selagi ada dirumah dan banyak waktu yang berluang. Oleh sebab itu mari jaga kebersihan secara nyata di rumah dan sekitar kita.

Tidak ada yang rugi melakukan kebersihan, hanya akan memberikan efek baik saja.

Bukankah ada satu hadist masyur yang :
"Kebersihan adalah sebahagian dari pada keimanan" (HR Ahmad)

"Dua kenikmatan manusia yang menjadi rugi , karena tidak memerhatikan : kebersihan dan waktu luang" (HR AL Buchari)

".......sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertaubat dan orang yang membersihkan diri" (QS Al Baqaroh: 222)

Semua Datang dari Allah

Menyimak apa yang sudah ditulis dalam kitab suci Al Quran, ada petunjuk yang sangat amat penting untuk di perhatikan dalam kehidupan sekitar kita. Bahwa itu adalah berhubungan dengan adanya wabah atau pandemi Covid 19 yang sekarang ini menjadi situasi yang terjadi di seluruh negara di muka bumi ini.


"Tiada satu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada diri  sendiri , melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya . Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, (yaitu) orang orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barang siapa yang berpaling (dari perintah perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dia lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji" 
(QS Al Hadiid : 22-24)


Saya orang awam yang betul betul awam juga dalam bidang agama ini membaca arti ayat tersebut menjadi merinding. Sungguh suatu Kuasa Hanya Pada NYA ya Allah ya Syaafi. Maka hanya dari NYA untuk mengembalikan kepada yang benar benar sehat dan sejahtera seperti apa yang di inginkan oleh semua orang.

Kalau begitu, menurut saya tentunya dalam pelajarang mengaji, para ustadz tentu sudah lebih dulu tahu akan hal ini dan seluk beluk nya. Sebab bagi pemikiran saya beliau guru mengaji, ulama , ustadz dan wali Allah mereka adalah orang yang di sayang Allah untuk mengetahui hal ini (Lauhul Mahfuzh).

Maka pesan saya , keluarkanlah pengetahuan mu itu para ustadz adan para ulama dan para wali Allah, untuk membantu semua pasien wabah atau pandemi Covid 19 ini , sehingga ketemu obat dan tindakan prefentifnya.

Ini sudah bukan masalah di Wuhan. China saja, melainkan seluruh negara di duni hampir 200 negara di muka  bumi ini sudah tersentuh . Bukankah ini juga dalam pengetahuan Allah ta ala.

Maka dari saya , hanyalah kepada NYA kita kembalikan masalah ini, dan wabah ini bagaimana jalan keluarnya. Entah hanya  dengan herbal sederhana, atau dengan satu berlatih hidup sehat dengan cara tertentu dan sebagainya.

Akhirnya semua yang baik datang dari Allah ta ala, dan kekurangan itu datang dari saya sendiri.

Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel