Bersepeda

Sumber : Sound Of Music , Bicycle
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan perseorangan karena murah dan tidak perlu bahan bakar minyak adalah Sepeda. Apapun jenisnya akhir akhir ini sepeda menjadi viral dan booming di para milenial dengan hadirnya merek terkenal dari negara Eropa.

Pertanyaannya banyak muncul begini dalam diri saya
  1. Kapan sepeda dipakai sebagai alat transportasi umum dalam masyarakat, bukan diketemukannya ya, melainkan digunakan secara umum, banyak yang mempergunakan nya?
  2. Apa manfaat bersepeda bagi kesehatan, jantung, fisik badan, tulang dan pikir kita?
  3. Apa manfaat bagi sosialita, persahabatan atau group?
  4. Berapa harga sebuah sepeda yang termurah dan termahal? apa keunggulannya?
  5. Di dalam negeri produk sepeda merek apa? berapa kisaran harganya?
  6. Apa kekurangan atau sisi negatipnya bersepeda?

Draisen dan Velocipede

Pertama kali abad ke 19 alat transportasi sederhana di buat dan di pakai orang untuk transportasi. Meski dengan tenaga dua kaki ngangkang didorong dengan dua kakinya untuk bergerak namun draisen dan velocipede sudah menjadi tunggangan yang mewah pada waktu itu sekitar 1817 - 1820.

Pada perkembangannya di Jerman dibuat sepeda yang lebih spisticate dengan di kayuh dua pedal di depan  dan roda depan besar, hal ini sudah lebih mewah lagi. 

Transportasi Abad 19

Dengan perkembangan yang pesat alat transportasi sepeda mulai banyak digunakan di akhir abad 19, dengan perembangan sepeda keselamatan menjadi bagian penting dari perubahan sejarah sepeda.

Yang mana sebelumnya sepeda dianggap mainan bagi pria berotot, sekarang semua saja dapat mempergunakannya di segala usia, pria dan wanita.

Selain masalah keamanan yang pasti, penggerak roda depan langsung roda diameter besari membatasi kecepatan tertinggi. Terinspirasi Kangguru sebagai upaya untuk menyelesaikan kedua masalah dengan roda depan yang digerakkan oleh rantai adalah sepeda kerdil. Penemu juga mencoba penggerak rantai roda belakang. 

Sepeda Dengan Rantai Roda Belakang

Harry John Lawson menemukan sepeda penggerak rantai belakang pada 1879 dengan "bicyclette",  namun sepeda itu masih memiliki roda depan besar dan roda belakang kecil. Yang waktu itu masih jadi bahan celaan dan  menyebutnya "Buaya", dan gagal jual di pasar.

John Kemp Starley, menghasilkan sepeda  pertama yang sukses, "Rover" pada tahun 1885, yang tidak pernah ia patenkan. Ini menampilkan roda depan dapat di belok belokkan di stir dan memiliki kastor signifikan, roda berukuran sama dan penggerak rantai ke roda belakang seperti yang sekarang dapat dilihat.

Sepeda konsep itu akhirnya ditiru secara luas, sepeda tersebut sepenuhnya menggantikan roda tinggi di Amerika Utara dan Eropa Barat pada tahun 1890. 

John Dunlop Penemu Ban Pneumatik

Ban tanpa angin
Penemuan kelengkapan  ban sepeda pneumatik oleh John Dunlop pada tahun 1888 telah membuat perjalanan soal transportasi menjadi lebih mulus di jalanan beraspal.  

Tipe sebelumnya cukup menunggang, ketika digunakan di jalan tanah umum pada saat itu.  Seperti velocipede asli, sepeda keselamatan jauh lebih tidak nyaman daripada kendaraan roda tinggi justru karena ukuran roda yang lebih kecil, dan rangka sering ditopang dengan rakitan pegas suspensi sepeda yang rumit. 

Ban pneumatik membuat semua itu usang, tidak digunakan lagi dan desainer bingkai menemukan pola berlian menjadi desain terkuat dan paling efisien.

Hak Patent Sepeda Lipat

Off Office sekalian olah raga dengan Seli
Pada tanggal 10 Oktober 1889, Isaac R Johnson, seorang penemu Afrika-Amerika, mengajukan paten untuk sepeda lipat yang pertama dengan kerangka berlian modern yang masih dapat diterima, polanya masih digunakan pada sepeda abad ke-21 sehingga sekarang.


Penggunaan drive rantai meningkatkan kenyamanan dan kecepatan, karena drive dipindahkan ke roda belakang non-kemudi dan memungkinkan untuk mengayuh secara mulus, santai dan bebas cedera . 

Sedang desain sebelumnya yang mengharuskan mengayuh roda depan kemudi sulit untuk mengayuh sambil berputar, karena misalignment bidang rotasi kaki dan pedal. 

Dengan mengayuh lebih mudah, pengendara lebih mudah berbelok di tikungan.

Ban Pneumatik

Ban pneumatik dan bingkai intan meningkatkan kenyamanan pengendara tetapi tidak membentuk desain penting atau fitur keselamatan. Baik dijalan kasar maupun di jalan aspal.

Ban karet yang keras di atas sepeda sama mudahnya untuk dikendarai tetapi juga mengguncang tulang. Tentu sangat keras dan tidak digunakan lagi, dan digunakan oleh dokar dan gerobak.

Desain rangka semakin maju dan moderen ,memungkinkan bobot yang lebih ringan, dan konstruksi serta perawatan yang lebih sederhana, sehingga harganya lebih murah, namun kwalitas lebih baik.


Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel