Gempa Bumi Kembar Terjadi Di Bengkulu

Gempa Bengkulu 6,9 SR, Rabu 19/8/2020
Kejadian alam yang sering kita dengan merupakan bagian dari proses pergerakan kerak bumi dalam menuju ke keseimbangan. Meski apa yang terjadi disebut gempa atau terjadinya patahan , dan secara kebetulan terjadinya hampir bersama di dua atau tiga lokasi bersamaan, maka jadilah disebut Gempa Kembar. yang mana kejadian gempa kembar di Bengkulu dilansir BMKG merupakan gempa tektonik, Mega trust di sebelah Barat  daratan Sumatra.

Sebagai awam bahwa gempa dapat mendatangkan bencana, misalnya tanah runtuh, trus banjir tzunami, dan yang kedua ini yang paling ditakuti, seperti teringat yang terjadi di Aceh dulu.

Mengapa terjadinya gempa ?

Sudah menjadi cerita bahwa Posisi Nusantara Indonesia berada di zona RingFire, dimana zona ini merupakan zona berhampiran dengan lokasi terjadinya tumbukan antara dua lempeng kerak bumi (plate Tectonic) yang pasti akan mendatangkan getaran dan disebut Gempa.

Melihat lokasi dan posisi kepulauan diseluruh wilayah Nusantara semua disepanjang zona tektonik, maka tidak mustahil akan terjadi banyak gempa, lantaran terjadinya pergerakan kerak bumi didalam menuju kekeseimbangan.

Siapa atau Apa yang menyebabkan Kerak Bumi bergerak?

Yaitu tadi dalam menuju keseimbangan maka dialah bergerak. Nah demikian karena didalam sana terdapat lelehan magmatis yang pasti banyak mengandung berbagai unsur elemn alami, dan mempunyai sifat mobil, cecair bersifat mobile dan akan mencari dimana titik lemah sehingga dia bisa keluar. Dan inilah yang menjadi apa kita lihat sebagai Gunung Api.

Nah kalau dalam pergerakannya didalam bumi sana, melalui bagian kerak bumi yang rigid, ya sangat mungkin terjadi patah. Dan patahnya ini bukan patahnya lidi atau kerupuk, melainkan patahnya kulit bumi. Kebayang kan, seberapa dahsyatnya atau menjadi takjub sama sekali? Inilah asal muasal terjadi gempa. Gerakan kulit bumi dalam beberapa jarak saja sudah akan mampu merubah permukaan bumi dan yang menumpang diatasnya.

Apalagi kalau pergerakan didalam bumi sana sampai beratus meter atau bahkan berkilometer. Sudah pasti akibat yang dipermukaan akan terjadi Gempa besar dan akibat lanjut adalah Tzunami.

Detail tidak akan sesederhana keterangan diatas, melainkan ada satu pengetahuan geologi, kebumian , soal tektonik, geologi dan geofisika yang mendalami tyentang hal itu.

Bagi khalayak masyarakat yang ada , dengan terjadinya gempa menjadi suatu yang membahayakan dan diskenal sebagai bencana. Maka ada istilahnya penyelamatan, penanggulangan benaca dan sebagainya. Namun bagi suatu ilmu kebumian mungkin dengan adanya proses gerakan kerak bumi itu membawa dampak positip dengan mengalisnya cecair yang membawa potensi mineral tertentu dan mempunyai nilai ekonomis di kelak kemudian hari setelah diketemukan orang.

So apa yang disebut Dibalik bencana alam itu ada makna sumber daya mineral juga ya, wa allahu ala. Hanya Allah yang Maha Tahu.

 

Bencana Alam Dan Kegiatan Tambang

Lobang Kacamata, tambang  emas tinggalan Belanda 1906.
Sebagai akibat terjadinya gempa , yang terkena dampak adalah rusaknya rumah penduduk dan beberapa fasilitas lainnya.

Semoga segera dapat diatasi, melalui berbagai bantuan dan penanganan cepat. Adalah wilayah kota Bengkulu sampai Lebong yang terdampak akibat Gempa dua kali yang pusat gempanya berada di barat Bengkulu sedalam 10 Km.

Saya khawatir mendengar Bengkulu terjadi gempa, pasalnya banyak di wilayah ini lubang lubang tambang rakyat, yang sangat mungkin orang sedang mencari ore atau rep emas dan ini sangat berbahaya kalau ada gempa begini. Kebayang kalau kamu sedang didalam lubang atau sumur dan dindingnya ada getaran kuat gempa misalnya. Smoga tidak ada yang  terjadi pada saudara di sana. Ya Allah ya Robb.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel